Khasiat Evening Primrose Oil untuk Mengobati Jerawat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Evening Primrose. Pixabay.com

Evening Primrose. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta  - Jerawat salah satu masalah kulit yang dialami hampir semua orang. Bahkan tak sedikit yang mencoba banyak cara untuk mengobatinya. Tapi buat kamu yang masih berjuang mengatasi jerawat yang membandel jangan putus asa dulu. Ada satu bahan berkhasiat yang bisa kamu coba yaitu evening primrose oil.

Baca juga: Wajah Sedang Berjerawat Ingin Makeup, Simak Saran MUA Ini

Evening primrose oil ini memiliki bahan aktif utama asam gamolenic yang 100 persen anti inflamasi dan super menghidrasi kulit. Direktur dermatologi kosmetik di Mount Sinai West, Amerika Serikat, Noelani Gonzalez, jerawat disebabkan oleh pori-pori yang meradang yang tersumbat oleh minyak, dan peningkatan hidrasi membantu meningkatkan penghalang pelindung kulit dari polutan dan kotoran.

Ilustrasi evening primrose oil. Shutterstock

Namun belum ada penelitian komprehensif yang membuktikan minyak evening primrose ini dapat membantu mengobati jerawat. "Ada beberapa penelitian yang menunjukkan hasil yang baik, tetapi ini hanya beberapa penelitian dan jumlah pasien yang terdaftar dalam penelitian ini sangat kecil," jelas Dr. Gonzalez. "Jadi, pada dasarnya diperlukan lebih banyak studi klinis diperlukan untuk mengatakan bahwa minyak itu bisa jadi pengobatan jerawat yang baik."

Noelani Gonzalez menambahkan evening primrose oil bisa digunakan untuk bahan tambahan ketika sedang menggunakan perawatan khusus jerawat yang menyebabkan kulit kering. Karena berkat sifat melembabkan minyak primrose, yang telah ditunjukkan dalam sebuah studi keci, dapat dikombinasikan dengan jenis obat jerawat tersebut.

Ilustrasi serum kulit. Shutterstock

Selain bermanfaat untuk melembapkan, evening primrose oil ini memiliki beberapa efek samping yang harus Anda ketahui. "Ini dapat berinteraksi dengan pengencer darah, obat tekanan darah tinggi, dan anti-depresi," kata Dr. Gonzalez seperti dilansir dari laman Women's Health. Jadi sebelum menggunakannya, Anda harus mendiskusikan penggunaannya dengan dokter Anda apakah minyak tersebut dapat memengaruhi kesehatan Anda atau tidak.

Karena penelitian tentang minyak evening primrose sebagai pengobatan jerawat sangat terbatas, dosis dan cara paling efektif untuk menggunakannya juga masih dalam pembahasan. Dr Gonzalez mengatakan minyak evening primrose dapat dicampur dengan minyak esensial lainnya, seperti minyak pohon teh atau minyak mawar, juga bisa menjadi pengobatan spot yang efektif untuk beberapa pasien.

Setelah Anda mendapatkan persetujuan dari dokter, sebaiknya mulailah dengan jumlah kecil sebelum beralih ke dosis yang disarankan. Jka Anda menggunakannya secara topikal, oleskan ke bagian kecil kulit Anda untuk melihat bagaimana reaksinya sebelum menggunakannya di mana-mana.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."