Dokter: Anak Balita Hanya Boleh Main Gawai 1 Jam Sehari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi anak bermain gawai (pixabay.com)

Ilustrasi anak bermain gawai (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Spesialis anak dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, Soedjatmiko, mengatakan anak di bawah usia lima tahun (balita) boleh saja bermain gawai dengan durasi tidak lebih dari satu jam dalam sehari.

"Studi menujukkan satu jam untuk anak di bawah usia lima tahun. Tetapi sebaiknya dibagi waktunya, misalnya pagi 15 menit, siang 20 menit, lalu malam hari," kata Soedjatmiko.

Baca juga:

Psikolog: Anak Kecanduan Gawai Berarti Alami Gangguan Mental
Anda Kecanduan Gawai, Ini 3 Terapi untuk Menghentikannya

Menurut American Academy of Pediatrics, Soedjatmiko mengatakan tidak ada dampak negatif secara medis jika anak memainkan gawai kurang dari sejam per hari. Dalam penelitian dengan objek tikus, bahaya radiasi gawai, terutama ponsel terjadi pada tikus yang terpapar gawai selama sembilan jam per hari, tujuh hari dalam seminggu, selama dua tahun.

Selain memperhatikan durasi, Soedjatmiko juga menyarankan orang tua agar menemani anak saat bermain gawai.

"Anak boleh bermain dengan gawainya asal interaktif. Jangan biarkan anak bermain sendirian. Sebaiknya, awasi jangan sampai bermain gawai dan interaksi sosial rendah," katanya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."