Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh saat Sibuk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita berhijab minum air. shutterstock.com

Ilustrasi wanita berhijab minum air. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat sedang sibuk dengan berbagai aktivitas, daya tahan tubuh sering menurun, terutama bila kesibukan sehari-hari membuat stres. Stres bisa menyebabkan sakit kepala, perasaan gelisah dan tegang, dan sebagainya.

Saat sistem kekebalan tubuh menurun, tentu akan lebih mudah sakit dan tubuh tidak akan bekerja secara efektif. Karena itu, ada beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat sibuk.

Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Alergi Imunologi RS Premier Bintaro, Dr. Prasna Pramitha, memberikan beberapa tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat sibuk agar tidak mudah sakit.

Tips lain:

Tips agar Kaki Lembut dan Mulus
Tips agar Bekerja Sambil Bepergian Berjalan Lancar

#Gaya hidup sehat
Cara mudah untuk meningkatkan daya tahan tubuh tentu dengan menerapkan gaya hidup sehat, dari apa yang kita makan, kualitas tidur setiap malam, hingga kualitas udara yang dihirup.

“Mulai dari hal-hal sederhana saja. Kurang tidur bisa menyebabkan tubuh tidak bekerja secara efektif, jadi harus tahu prioritasnya seperti apa,” jelas Prasna.

#Cukup minum air
Tentu saja pada saat sibuk, kesehatan tubuh tidak lagi menjadi prioritas. Makan menjadi tidak teratur dan istirahat juga kurang. Karena itu, hal pertama yang perlu diingat adalah hal yang cukup sederhana.

“Tubuh kita 70 persen berdiri pada air. Bila dehidrasi, tubuh terasa lemas, berpikir juga jadi tidak bisa,” lanjut Dr. Prasna.

Karena itu, meningkatkan daya tahan tubuh dapat dilakukan melalui suatu hal sederhana seperti minum air yang cukup.

#Menghindari kuman
Cara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat sedang sibuk adalah menghindari kuman dan bakteri. Pastikan tetap menjaga kebersihan selama beraktivitas. Dengan rutin cuci tangan atau selalu membawa hand sanitizer, Anda bisa meningkatkan daya tahan tubuh saat sedang sibuk.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."