Tips agar Bekerja Sambil Bepergian Berjalan Lancar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita bekerja dengan piyama atau pakaian tidur. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bekerja dengan piyama atau pakaian tidur. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang yang sering bepergian demi menjalankan tugas kantor. Ada juga yang sering bepergian karena murni menjalankan hobi.

Baik pencinta wisata maupun orang yang dituntut banyak melakukan perjalanan bisnis sebenarnya punya kesamaan, sama-sama lebih banyak menghabiskan waktu di perjalanan panjang di pesawat atau mobil, daripada duduk di kantor.

Kesamaan lainnya, sambil bepergian mereka tetap harus menyelesaikan berbagai tugas kantor dan berhubungan dengan rekan-rekan kerja. Kondisi ini membuat mereka harus memiliki cara tersendiri untuk membuat hari-hari bekerja lebih efektif, efisien, dan tetap terkoneksi dengan lingkungan kerja.

Buat pecinta traveling atau akan terjun ke dunia kerja yang menuntut banyak perjalanan bisnis, berikut enam tips bekerja sambil bepergian.

Baca juga:

Tips Kerja Bareng Pasangan ala Ria Miranda dan Pandu Rosadi

#Beri tahu posisi
Berada di sebuah tempat mungkin menjadi sebuah keuntungan karena bisa bekerja dengan tenang tanpa keributan ruang kerja. Suasana tempat liburan yang menyenangkan juga memacu Anda bekerja lebih baik. Namun, jangan lupa diri dan memutus hubungan dengan rekan kerja. Bagaimana pun, Anda harus memberi tahu di mana posisi saat itu. Paling tidak, Anda harus mudah dicari ketika tim kerja butuh berdiskusi. Kirim pesan lewat jaringan pribadi, surel, atau yang paling mudah, perbarui status di jejaring sosial.

#Selalu cari kabar terkini
Jangan menunggu sampai ada orang yang mengabari, Andalah yang harus berinisiatif menanyakan kabar kantor. Anda juga harus mencari tahu apakah ada diskusi atau rapat yang perlu diikuti. Jarak dan waktu tak boleh jadi alasan absen mengingat teknologi sudah memberikan cara berkomunikasi jarak jauh. Tak ada salahnya pula bila sesekali Anda yang mengundang tim untuk rapat.

#Pilih cara komunikasi paling cepat
Perbedaan jarak dan waktu jelas tak boleh menjadi alasan untuk menghilang. Ada telepon, sms, e-mail, blog, twitter, facebook, skype, facetime, dan banyak lagi cara yang bisa digunakan untuk berkomunikasi. Pilihlah yang paling efisien dan cepat. Jangan buang waktu hanya untuk menunggu satu balasan pesan. Alih-alih berlama-lama mengetik di ruang bicara untuk menggelar rapat jarak jauh, lakukan konferensi video melalui skype atau facetime.

Ilustrasi wanita kerja di luar. shutterstock.com

#Jangan kehilangan koneksi
Pastikan selalu mendapatkan cara menyalakan koneksi internet, entah dengan membawa modem, mencari jaringan WiFi, atau menyewa internet di mana pun lokasi Anda. Hindari alasan klasik kehabisan pulsa.

#Tetap berkontribusi
Tak perlu dibicarakan lagi, meski sedang bepergian, partisipasi dan kontribusi dalam tim tetap dibutuhkan. Anda butuh upaya ekstra mengingat secara fisik tak ada di kantor hingga berpotensi terlupakan. Buatlah agar kehadiran tetap bisa dirasakan lewat kualitas kontribusi kerja yang tetap terjaga.

#Buat jadwal
Selama bepergian, kegiatan yang dilakukan mungkin akan sangat berbeda dengan rutinitas di kantor. Bisa jadi Anda sedang berada di pesawat, menyetir, atau mengunjungi lokasi wisata saat rekan-rekan kerja meminta ikut serta dalam rapat. Untuk menghindari jadwal yang bentrok, kirim jadwal perjalanan kepada salah seorang rekan kerja. Dengan begitu, mereka bisa mengupayakan penyesuaian jadwal bekerja dengan kegiatan.

Artikel lain:
9 Tips Diskusi Pekerjaan buat Karyawan yang Tak Pandai Bicara

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."