Buat yang Mulai Belajar Makeup, Ketahui Mitos dan Faktanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi makeup. Unsplash.com

Ilustrasi makeup. Unsplash.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi sebagian orang makeup dapat menambah kepercayaan diri. Bahkan makeup juga mengubah keseluruhan penampilan seseorang. 

Baca juga: 8 Langkah Mencoba Makeup Glow Favorit Wanita di 2019

Tapi banyak yang tidak menyadari jika salah mengaplikasikan makeup. Terlebih kini banyak tips dan trik makeup yang beredar di internet. Tentu sangat penting mengaplikasikan makeup dengan benar agar tidak merusak penampilan. Melansir laman Boldsky, ada beberapa mitos dan fakta tentang makeup yang harus kamu ketahui.

#Mitos 1: Pakai foundation pada area wajah yang diperlukan. 

Fakta: Foundation digunakan untuk meratakan warna kulit. Kini sebagian besar foundation yang dijual memberikan tampilan alami dan dapat digunakan pada seluruh wajah. Bahkan sebagian besar foundation dilengkapi dengan tabir surya dan komponen anti penuaan yang akan membantu dalam menjaga kulit agar tampak sehat dan muda. Jika tidak diaplikasikan pada seluruh wajah, maka akan terlihat patch di wajah nanti.

#Mitos 2:  Maskara harus diaplikasikan pada bulu mata atas dan bawah 

Fakta: Maskara dapat menonjolkan area mata, mengubah tampilan wajah serta memberi sentuhan dramatis pada mata. Namun faktanya adalah maskara harus diterapkan pada bulu mata bagian atas. Jika menerapkannya pada bulu mata bawah akan membuat lingkaran hitam dan kerutan di bawah mata lebih menonjol.

#Mitos 3: Bronzer harus diterapkan pada area yang terkena sinar matahari

Fakta: Kulit kita menjadi sedikit pucat saat kita bertambah tua. Oleh karena itu, penting untuk membuat kulit terlihat segar dengan bronzer yang sesuai dengan warna kulit. Bronzer bubuk gelap dan dan berkilau akan membuat garis-garis halus dan kerutan terlihat menonjol. Sebagai gantinya gunakan bronzer matte untuk kontur yang indah, dan aplikasikan pada pipi sampai ke pelipis.

#Mitos 4: Oleskan shimmer di sudut mata Anda untuk membuat mata Anda lebih cerah

Fakta: Ini adalah kesalahan makeup umum yang kita semua lakukan. Tetapi ini tidak berlaku untuk semua orang. Jika memiliki keriput di bawah mata, maka ini tak perlu dilakukan. Ini karena menerapkan shimmer di sudut mata  pasti akan menyorot mata tetapi bersama dengan itu ini juga akan menyoroti kerutan dan lingkaran hitam.

#Mitos 6: Pakai blush on di puncak pipi tertinggi

Fakta: Biasanya perona pipi harus diterapkan pada bagian pipi yang menonjol, tetapi ini tidak perlu. Seiring bertambahnya usia, kulit kita cenderung menjadi kendor dan kusam. Oleh karena itu penting untuk menyamarkannya. Untuk ini, aplikasikan warna merah muda pada titik tertinggi dari tulang pipi menggunakan sapuan ke atas untuk tampilan yang hidup.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."