Sering Minum Bubble Tea? Ketahui Jumlah Kalori di Dalamnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi Bubble Tea. Unsplash.com/Jason Leung

Ilustrasi Bubble Tea. Unsplash.com/Jason Leung

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minuman bubble tea sangat digemari di sebagian kalangan masyarakat. Namun belum lama ini minuman yang memiliki banyak variasi itu menjadi sorotan terutama mengenai kandungan gizinya.

Baca juga: Kurangi Gula, Ganti dengan Pemanis Alami Sehat Berikut

Seperti dilansir laman Livestrong, bubble tea ternyata tak terlalu bergizi. Kendati memang, teh mengandung antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Bubble atau butiran mutiara dalam minuman terbuat dari tapioka. Lalu untuk menghasilkan rasa manis, seringkali kali gula dan terkadang susu kental manis ditambahkan.

Gula inilah yang membuat minuman ini tinggi kalori sehingga sulit masuk ke dalam diet sehat. Biasanya satu porsi bubble tea mengandung 1/2 cangkir mutiara berbahan tapioka, 1/4 cangkir gula dan 1/8 cangkir susu kental manis. Kandungan ini menambahkan sekitar 453 kalori ke dalam diet Anda. Sementara batas aman konsumsi gula tambahan menurut Asosiasi Jantung Amerika yaitu 6 sendok teh untuk wanita dan 9 sendok teh untuk pria per hari. 

Baca juga: Resep Es Kopi Kekinian untuk Teman Santai di Rumah

Sebenarnya, ada cara agar bubble tea bisa sedikit lebih menyehatkan. Caranya, coba ganti gula biasa dengan menggunakan 1 sendok makan brown sugar. Lalu, tukar susu kental manis dengan susu rendah lemak serta santan. Dengan begitu, kalori bubble tea sekitar 150 per porsi.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."