Resep Es Kopi Kekinian untuk Teman Santai di Rumah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Kopi susu. coolmags.net

Kopi susu. coolmags.net

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Es kopi susu jadi minuman kekinian yang semakin digemari. Terlebih semakin banyak restoran dan kafe yang menawarkan aneka variasi es kopi susu. 

Baca juga: Resep Kue Meringue Cantik Teman Minum Kopi

Jika ingin menghemat uang atau malas menjejakkan kaki ke luar rumah, Anda bisa mencoba resep es kopi susu berikut ini. Bahan-bahannya mudah didapatkan di rumah dan cara membuatnya juga sangat sederhana. 

Bahan:
- Kopi espresso 50 - 55 ml
- Krimer 10-15 ml
- Gula aren 15-25 ml
- Susu segar 120 ml
- Es batu secukupnya

Komposisinya bisa disesuaikan dengan selera. Jika Anda suka yang lebih pahit, perbanyak espresso. Sebaliknya perbanyak komposisi gula dan susu bila ingin rasanya tidak terlalu pahit. Tiara Malinda dari kedai Kovi Kopi, Jakarta, mengatakan ada beberapa bahan alternatif bila sulit mencari bahan harusnya tersedia.

Misalnya jika tidak punya mesin penggiling biji kopi. Espresso bisa didapatkan dari kopi
kemasan yang harganya lebih terjangkau. Bila tidak punya susu segar murni, susu UHT (Ultra High Temperature) rendah lemak yang harganya relatif lebih murah bisa jadi pilihan.

Sedangkan gula aren yang memberi sensasi kelapa segar juga bisa diganti dengan kental manis bila Anda tidak memilikinya di rumah. Sementara itu, krimer juga bisa diganti dengan santan kental yang akan memberikan citarasa serupa dengan es kopi susu ala kafe.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."