Ramadan Segera Berakhir, Ayo Jaga Tubuh Tetap Bugar dan Sehat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi perempuan sedang pilah pilih makanan. shutterstock.com

Ilustrasi perempuan sedang pilah pilih makanan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Puasa Ramadan dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat, Tentunya dengan menjaga asupan saat buka puasa dan sahur, serta gaya hidup dan olahraga. 

Baca juga: Waktu yang Tepat untuk Berolahraga saat Ramadan versi Ahli Gizi

Tapi, jangan sampai kondisi tubuh berubah drastis usai Ramadan. Konsultan nutrisi Jansen Ongko mengungkapkan tiga langkah agar tubuh menjadi lebih sehat saat Lebaran tiba.

1. Jaga pola makan
Meski sudah memasuki pekan akhir Ramadan, jangan lupa tetap menjaga pola makan yang penuh nutrisi. Bisa jadi rasa semangat saat menyiapkan menu sahur dan buka sudah mulai melempem pada akhir Ramadan, tapi itu bukan alasan menyantap makanan-makanan rendah nutrisi. Pastikan gizi harus terpenuhi untuk menjalani aktivitas selama sehari. "Jangan cuma minum teh hangat untuk sahur, justru itu membuat kita lapar dan tidak konsentrasi karena nafsu makan meningkat akibat hormon pemicu lapar terlalu tinggi," kata Jansen di Jakarta beberapa waktu lalu.

2. Istirahat
Jadwal buka puasa bersama sudah memenuhi kalender Anda? Jangan lupa untuk beristirahat secara teratur selama berpuasa. Bila terlalu lama begadang, tubuh akan lebih lelah saat beradaptasi untuk puasa hari berikutnya.

Baca juga: Manfaat Berbuka Puasa dengan Minuman Hangat

3. Aktif bergerak
Ia juga mengingatkan untuk tidak bermalas-malasan sepanjang puasa. Ketika tubuh tidak aktif bergerak, pikiran akan terus tertuju pada rasa lapar dan waktu menuju petang. "Kita punya (bagian otak) reptilian brain, fungsi otak untuk bertahan hidup, yang membuat puasa jadi sulit," ujar dia.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."