Tips Menyimpan Makanan Supaya Tidak Terbuang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi memanaskan makanan (Pixabay.com)

Ilustrasi memanaskan makanan (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap hari ada saja makanan yang terbuang akibat kondisinya sudah jelek, basi, atau busuk. Padahal, hal ini merupakan pemborosan dan sebenarnya bisa dicegah. Misalnya dengan membekukan makanan untuk memperlambat makanan rusak dan busuk.

Baca juga: Makanan Sehat Tak Perlu Mahal, Ini Contohnya

Ada beberapa tips menyimpan makanan yang sederhana yang bisa mengurangi jumlah makanan yang terbuang sekaligus berhemat, seperti dilansir laman Hello berikut ini.

1. Untuk makanan matang, tunggulah sampai makanan cukup dingin untuk dimasukkan ke kulkas. Membekukan makanan sebelum dingin akan menaikkan temperatur di kota pembeku dan menyebabkan makanan lain jadi tak beku lagi.

2. Bungkuslah makanan dengan rapat untuk mencegah pembekuan yang berlebihan dan justru membuat makanan menjadi kekurangan cairan. Pilih bungkus makanan yang layak, remas hingga seluruh udara keluar, tutup rapat dan beri tanda dengan pena kapan makanan dimasukkan ke kulkas.

3. Kukus sayuran segar dan kemudian dinginkan dengan es sebelum dibekukan untuk menjaga tektur dan rasanya.

4. Susu segar juga bisa dibekukan dan bisa bertahan selama enam minggu.

5. Jagalah kantung atau kotak makanan agar tidak terlalu banyak udara di dalamnya sebelum ditutup. Selalu beri label pada kemasan mengenai jenis makanan dan kapan dimasukkan ke kulkas.

6. Daun-daunan seperti basil, mint, dan seledri tak bisa dibekukan sendiri. Jadi, potong-potonglah dulu kemudian campur dengan minyak zaitun dan bekukan di dalam wadah untuk membuat es batu.

7. Pisang juga bisa dibekukan dengan kulitnya. 

YAYUKWIDIYARTI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."