10 Cara Ibu Bekerja Membagi Waktu dengan Keluarga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi ibu dan bayi. Myhealthnewsdaily.com

Ilustrasi ibu dan bayi. Myhealthnewsdaily.com

IKLAN

#6. Tetap berkomunikasi sepanjang hari
Tetap terhubung dengan anak-anak Anda bahkan saat Anda tidak bersama. Untuk ibu bekerja dengan anak-anak yang lebih muda, pertimbangkan untuk merekam diri Anda berbicara atau bernyanyi di video atau merekam suara Anda membaca buku anak-anak. Jika Anda akan berhalangan atau terlambat menghadiri acara anak yang lebih tua, berikan sesuatu yang istimewa di pagi hari, hadiah kecil atau ucapan selamat. Gantung foto Anda, pasangan serta anak-anak di tempat kerja. Saat istirahat teleponlah mereka. Mendengar suaranya bisa membantu Anda melewati hari yang berat, dan dia akan terhibur juga.

#7. Batasi gangguan dan waktu
Jadilah disiplin dan tetapkan batas waktu saat mengecek email atau menelepon dapat dilakuakn saat anak-anak tidur. Kurangi menonton TV sekali seminggu untuk memaksimalkan waktu bersama pasangan Anda selama malam hari. Usahakan untuk menghindari melakukan banyak aktivitas secara bersamaan, terutama saat menghabiskan waktu bersama anak-anak Anda. Di tempat kerja Anda, cobalah untuk tidak membuang-buang waktu. Fokus pada tugas Anda di tempat kerja dan berbicara dengan rekan kerja saat istirahat atau makan siang.

#8. Ciptakan kegiatan khusus keluarga
Membuat waktu untuk anak-anak Anda sangat penting, baik selama hari kerja maupun di akhir pekan, untuk menumbuhkan dinamika keluarga Anda dan membiarkan semua orang terikat. Jika mempunyai aktivitas yang padat, manfaatkan waktu sarapan keluarga atau makan malam. Saat bersama keluarga hindari membicarakan pekerjaan atau memeriksa telepon Anda. Sebagai gantinya, fokuskan pada minat anak-anak Anda. Dengan anak yang lebih besar, mintalah saran aktivitas mereka dan cobalah untuk memenuhi kebutuhan mereka. Pada akhirnya, tidak masalah apa yang Anda lakukan selama Anda melakukannya bersama.

#9. Luangkan waktu bersama pasangan
Ingatlah untuk memelihara hubungan dengan pasangan Anda, yang selalu menjadi orang nomor satu di sisi Anda. Mulailah dengan kencan bulanan. Seringkali, jika Anda sibuk dengan pekerjaan dan rumah, pasangan Anda adalah orang pertama yang terbengkalai. Bagi beberapa pasangan, kencan secara bulanan bisa sulit dan mahal, tapi itu tidak berarti Anda tidak bisa saling fokus. Anda dapat makan malam di rumah dengan memasak makanan yang elegan bersama atau bahkan duduk bersama dengan segelas anggur dan berbicara tapi bukan tentang pekerjaan atau anak-anak.

#10. Luangkan waktu untuk diri Anda
Dengan mengatur waktu dengan bijak, Anda akan mendapatkan ‘me-time’ yang berharga secara rutin. Istirahat yang menyegarkan akan membantu Anda mengisi ulang saat merawat kebutuhan pribadi. Seperti membaca buku sebelum tidur, mandi busa seminggu sekali, atau manjakan diri Anda di spa. Isi waktu dengan berolahraga (seperti kelas yoga) atau fokus pada hobi.

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."