Makanan Pencegah Keriput yang Wajib Dimakan di Usia 30-an

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wajah berkeriput. Shutterstock.com

Ilustrasi wajah berkeriput. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Usia 30 saat di mana proses degenerasi sel dimulai, dan cenderung mengalami banyak perubahan yang tidak diinginkan dalam tubuh seseorang. Jika Anda telah mempertahankan diet dengan baik, olahraga teratur dan perawatan kecantikan yang tepat, langsung dari usia muda, maka kemungkinannya kulit Anda akan tetap terlihat muda seperti di usia 30.

Baca juga: 3 Bahan Utama dalam Skincare untuk Mengatasi Keriput di Dahi

Namun, kadang kita tidak bisa menemukan waktu dan motivasi untuk mempertahankan gaya hidup sehat, sehingga tanda-tanda penuaan fisik pada kulit kita, seperti keriput, garis-garis halus, noda-noda penuaan dan sebagainya mulai muncul. Keriput misalnya, dapat membuat seseorang merasa lebih tua dari usia sebenarnya, dan sudah pasti akan menurunkan kepercayaan diri.

Banyak yang memilih untuk melakukan prosedur kosmetik seperti botox untuk membantu menghaluskan keriput. Namun, prosedur ini dapat memiliki efek samping yang mengerikan. Jadi, jika Anda ingin melawan keriput dari dalam dan tetap terlihat muda untuk jangka waktu yang lebih lama, mulailah mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini secara teratur.

#1. Tomat
Makan tomat segar atau mengkonsumsi jus tomat, kulit Anda akan terbebas dari kerutan. Bahkan setelah usia 30. Tomat kaya akan vitamin C, yang merupakan vitamin utama yang diperlukan untuk meningkatkan produksi kolagen.

#2. Beri-berian
Beri-berian seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan lainnya, memiliki banyak nutrisi dan antioksidan yang menyehatkan setiap sel kulit Anda, menjaga keriput dan garis-garis halus pada permukaan kulit.

Ilustrasi greek yoghurt (pixabay.com)

#3. Yoghurt
Produk fermentasi susu atau yoghurt perlu menjadi bagian dari diet harian Anda. Jika Anda ingin menghindari keriput setelah usia 30, yoghurt dilengkapi dengan bakteri sehat yang dapat memperbaiki tekstur dan elastisitas kulit Anda.

#4. Ikan
Ikan kaya akan vitamin E. Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang paling dikenal untuk kulit, karena bermanfaat banyak untuk, salah satunya termasuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis kerutan!

#5. Kacang-kacangan
Kacang kaya akan asam lemak omega-3 dan juga vitamin E, yang keduanya sangat bergizi untuk sel-sel kulit yang juga dapat mencegah keriput pada permukaan kulit.

#6. Alpukat
Alpukat kaya akan senyawa yang dikenal sebagai glutathione, yang memiliki sifat anti-penuaan yang dapat meningkatkan produksi sel-sel kulit baru. Madu Madu kaya dengan antioksidan yang bekerja secara efektif dalam mencegah keriput dan garis-garis halus, yang juga bisa membuat kulit Anda berubah lebih lembut dan terlihat muda. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."