Tak Sempat ke Gym selama Ramadan, Ayo Olahraga di Rumah

Reporter: Astari Pinasthika Sarosa
Editor: Yunia Pratiwi
Senin, 20 Mei 2019 06:00 WIB
Tak Sempat ke Gym selama Ramadan, Ayo Olahraga di Rumah

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadan adalah dengan berolahraga. Namun kadang banyak orang yang merasa sulit menyesuaikan waktu selama Ramadan untuk berolahraga.

Baca juga: Olahraga Setiap Hari di Bulan Ramadan Perhatikan 3 Hal Ini

Annisa Munaf, Fitness Trainer dan influencer gaya hidup, menganjurkan olahraga di rumah agar bisa menghemat waktu. “Olahraga di rumah itu bisa dilakuin sendiri, dan saat sudah tahu bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, habiskan waktu 5-15 menit untuk bergerak setiap hari,” tutur Annisa Munaf saat menghadiri acara Sehat Saat Ramadhan ala Shopee, Jakarta Selatan, beberapa waktu yang lalu.

Annisa Munaf (Fitness Trainer), di Kantorkuu Coworking, Jakarta Selatan, Jumat 10 Mei 2019 (Tempo/Astari Pinasthika Sarosa)

Menurut Annisa 5-15 menit setiap hari sudah cukup untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan stamina. Gerakan lahraga di rumah pun bisa dilakukan dengan sederhana. Misalnya gerakan pemanasan, peregangan dan kardio ringan bisa membantu menjaga kesehatan selama bulan puasa tanpa merasa takut akan dehidrasi.

Simak juga: Soraya Larasati Berbagi Tips Olaharaga saat Puasa Ramadan

Jangan lupa sesuaikan olahraga dengan kemampuan dan kebutuhan diri sendiri, dan jangan sampai berlebihan. “Olahraga berlebihan itu mestinya yang dikeluarkan badan kita hormon baik, malah mengeluarkan racun yang bisa mengganggu kesehatan,” kata Annisa Munaf. Olahraga di bulan Ramadan cukup untuk menjaga kesehatan, bukan untuk membuat diri menjadi lebih kuat atau menantang kebugaran.