Olahraga Setiap Hari di Bulan Ramadan Perhatikan 3 Hal Ini

Annisa Munaf (Fitness Trainer), di Kantorkuu Coworking, Jakarta Selatan, Jumat 10 Mei 2019 (Tempo/Astari Pinasthika Sarosa)

kesehatan

Olahraga Setiap Hari di Bulan Ramadan Perhatikan 3 Hal Ini

Selasa, 14 Mei 2019 15:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi beberapa orang gaya hidup sehat selama bulan Ramadan sedikit terlupakan. Banyak yang lebih fokus dengan makanan atau mengatur aktivitas lainnya. 

Baca juga: Soraya Larasati Berbagi Tips Olaharaga saat Puasa Ramadan

Padahal, olahraga setiap hari bisa membantu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, supaya kuat berpuasa selama bulan Ramadan. Sebagai Fitness Trainer, Annisa Munaf memberikan beberapa kiat agar bisa berolahraga saat sedang puasa.

Pertama, meski olahraga setiap hari dianjurkan di bulan Ramadan, bukan berarti Anda harus berolahraga dengan intensitas yang tinggi. Jika Anda sudah terbiasa berolahraga dengan intensitas yang tinggi saat sedang tidak puasa, Anda harus mengurangi intensitas di bukan Ramadan. Menurut Annisa, olahraga sebaiknya dilakukan secukupnya saja sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Tips kedua yang perlu diingat adalah waktu olahraga. Sebaiknya sesuaikan dengan rutinitas sehari-hari. “Kalau mau olahraga di pagi hari itu bisa saja, asalkan jangan langsung hajar dengan olahraga yang bikin capek, karena bisa jadi dehidrasi. Kalau mau bisa juga sebelum buka puasa bisa hajar langsung kencang, setelahnya langsung minum saat buka puasa,” tutur Annisa Munaf di BincangShopee, Jakarta Selatan, Jumat 10 Mei 2019. 

Terakhir, selama bulan Ramadan, tingkatkan asupan serat dan protein. Sebaiknya, jangan melakukan diet apapun selama bulan puasa. Otot kita akan berkurang di bulan puasa karena jam makan yang berubah. “Imbangkan dengan nutrisi yang bagus kalau olahraga, dengan tinggi serat dan protein. Kalau mau olahraga Anda perlu energi, jadi harus makan protein,” ujar Annisa Munaf.

 

ASTARI PINASTHIKA SAROSA