Latihan Keseimbangan Tubuh dengan 6 Gerakan Olahraga Ini

Gerakan melatih keseimbangan Stiletto Squat. Tabloidbintang.com

kesehatan

Latihan Keseimbangan Tubuh dengan 6 Gerakan Olahraga Ini

Kamis, 25 April 2019 06:00 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Latihan keseimbangan tubuh sama pentingnya seperti melatih kekuatan dan kelenturan. Tubuh yang seimbang akan mengurangi risiko terjatuh dan mempengaruhi koordinasi tubuh secara keseluruhan. 

Baca juga: 6 Gerakan Olahraga Setelah Melahirkan untuk Bakar Lemak

Untuk menjaga keseimbangan tubuh dianjurkan latihan rutin 2-3 kali seminggu. Berikut ini beberapa gerakan olahraga yang bisa dijadikan panduan untuk melatih keseimbangan tubuh.  

#1. Stiletto SquatSesuai namanya, stiletto squat mengharuskan Anda berjinjit seolah sedang memakai sepatu hak tinggi. Tujuannya untuk melatih otot kaki sekaligus menyeimbangkan tubuh. Cara melakukannya, berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar pinggul dan berjinjit. Turunkan tubuh perlahan hingga pinggul sejajar dengan lutut. Tahan selama beberapa detik dan kembali ke posisi semula. Ulangi sampai 15 kali. 

#2. Plank to single arm reachGerakan untuk Melatih Keseimbangan Tubuh: Plank to Single Arm Reach

Gerakan Plank to single arm reach  tak hanya memperkuat otot perut dan punggung bagian bawah. Sedikit modifikasi plank bisa melatih keseimbangan tubuh. Mulai dari posisi plank, yakni tubuh menghadap ke bawah serta bertumpu pada kedua telapak tangan dan ujung jari-jari kaki. Posisikan lengan lurus dan kedua pergelangan tangan berada di bawah bahu. Angkat tangan kanan dan rentangkan ke depan. Tahan selama beberapa detik. Ulangi secara bergantian dengan tangan kiri sampai masing-masing 10 kali. 

#3. Side LungeGerakan untuk Melatih Keseimbangan Tubuh: Side Lunge

Side lunge menyasar otot tubuh bagian bawah dan melatih keseimbangan tubuh. Awali dari posisi berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu, kedua telapak tangan berpegang pada pinggang. Dorong tubuh ke kiri hingga posisi lutut kiri menekuk membentuk sudut 90 derajat, sementara posisi kaki kanan lurus. Tahan posisi ini selama beberapa detik. Ulangi secara bergantian dengan kaki kanan sampai masing-masing 10 kali. 

#4. Airplane poseGerakan untuk Melatih Keseimbangan Tubuh: Airplane Pose

Selain melatih keseimbangan, salah satu gerakan yoga ini melenturkan tubuh. Caranya, berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Dorong tubuh bagian atas—pinggul ke atas—ke depan hingga sejajar dengan lantai. Lalu, angkat kaki kanan ke belakang hingga tubuh tampak membentuk garis lurus. Pastikan kedua lengan tetap berada di sisi tubuh. Tahan posisi ini maksimal 30 detik. Ganti kaki dan ulangi gerakan yang sama.

#5. Kick Through LungeGerakan untuk Melatih Keseimbangan Tubuh: Kick Through Lunge

Awali dari posisi berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul. Langkahkan kaki kiri jauh ke belakang dan turunkan tubuh. Pastikan posisi kaki kiri di belakang dan kaki kanan di depan membentuk sudut 90 derajat. Lalu, luruskan kaki kanan sambil mengayunkan kaki kiri ke depan setinggi mungkin seolah menendang sesuatu. Ulangi sampai 10 kali dan ganti posisi kaki.

#6. Leaning StarGerakan untuk Melatih Keseimbangan Tubuh: Leaning Star  

Manfaat leaning star adalah untuk meregangkan otot tubuh yang kaku dan melatih keseimbangan. Cara melakukannya, berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Angkat kedua tangan ke atas. Dorong tubuh ke kiri dan angkat kaki kanan. Pastikan posisi kaki kiri dan kanan tetap lurus. Tahan posisi ini selama beberapa detik. Ulangi sampai 10 kali dan ganti posisi kaki. 

AuRA