Kata Peneliti, Cyber Bullying Lebih Banyak Menimpa Remaja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi bullying/risak di kantor. Shutterstock.com

Ilustrasi bullying/risak di kantor. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perundungan di dunia maya atau cyber bullying lebih mempengaruhi remaja dibandingkan perundungan biasa. Hal itu dikarenakan perundungan dunia maya dapat terjadi kapan saja dan di mana saja sepanjang pelaku atau korban memiliki akses terhadap internet.

Pendapat itu dikemukakan oleh Peneliti Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Agustina Situmorang.

"Berbeda dengan perundungan biasa, yang terjadi hanya di waktu dan tempat tertentu, misalnya di sekolah. Setelah anak pulang dari sekolah maka perundungan tidak terjadi lagi," kata Agustina.

Artikel lain:
Kiat Perangi Hoax dan Cyber Bullying versi Miss Internet 2017

Perundungan dunia maya juga menyebar lebih cepat, luas dan masif di kalangan teman sebaya korban atau pelaku. Sering kali, pelaku menggunakan nama samaran saat melakukan perundungan sehingga sulit dilacak dan diintervensi oleh orang dewasa.

Agustina mengatakan usia remaja merupakan usia rentan karena mereka memasuki masa transisi dari anak menuju dewasa.

"Pada masa ini terjadi terlalu banyak perubahan di diri remaja. Mereka mengalami pubertas, kemudian secara psikologis dan sosial juga mengalami perubahan sehingga memberi dampak
tidak nyaman dan kebingungan di dalam diri mereka," katanya.

Baca juga:
Kasus Justice for Audrey, Tanda Anak Menjadi Pelaku Bullying

 

Karena ingin dianggap dewasa, remaja cenderung menjauh dari pengaruh orang tua dan lebih dekat dengan teman sebaya yang lebih mereka percayai. Padahal, remaja yang tidak memiliki hubungan emosional yang baik dengan orang tua akan lebih sering menjadi korban atau pelaku perundungan, kata Agustina.

Pengaruh globalisasi melalui kemajuan teknologi ternyata membuat komunikasi orang tua dan remaja menghadapi tantangan yang lebih besar. Orang tua diharapkan dapat lebih aktif dalam berinteraksi dengan remaja dan berusaha untuk mendengar meskipun adakalanya bertentangan dengan pandangan orang tua.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."