Yuk Makan Salmon dan Nikmati Segudang Manfaat Kesehatannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ikan salmon. kineticsnj.com

Ikan salmon. kineticsnj.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salmon dianggap sebagai salah satu makanan paling tinggi gizi di dunia karena kandungan asam lemak omega-3 dan juga banyak vitamin dan mineral yang baik buat tubuh. Ikan ini juga sumber protein yang mudah dicerna.

Karena nilai gizinya yang tinggi, salmon selalu berada pada urutan teratas sebagai salah satu makanan padat nutrisi. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari salmon menurut Boldsky.

Baca juga:
Cegah Hipertensi, Turunkan Tekanan Darah dengan Salmon dan Susu
Perawatan Kecantikan dengan DNA Salmon, Kulit Awet Muda dan Sehat

#Meningkatkan kesehatan jantung
Vitamin B dalam salmon dapat menurunkan peradangan, yang merupakan akar dari penyakit jantung. Salmon juga mengandung antioksidan astaxanthin, senyawa yang memberi warna merah pada salmon. Antioksidan ini mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Ikan ini juga sumber potasium baik yang membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke.

#Mencegah kanker
Salmon memiliki efek positif dalam mencegah perkembangan kanker karena adanya asam lemak omega-3 dan selenium, mineral yang telah dikenal memiliki efek mendalam untuk memerangi tumor dan kanker. Asam lemak omega-3 menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar, sel kanker prostat, sel kanker payudara, kanker hati, dan juga kanker kulit.

Ilustrasi menu ikan Salmon. REUTERS/Nancy Harmon Jenkins

#Meningkatkan kesehatan mata
Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada salmon dapat membantu mencegah degenerasi makula, kekeringan retina, kehilangan penglihatan, dan kelelahan mata. Orang yang makan salmon secara teratur memiliki penglihatan yang lebih baik dibandingkan dengan orang lain yang tidak memakannya.

#Meningkatkan fungsi otak dan saraf
Kehadiran asam lemak omega-3 dalam salmon meningkatkan efisiensi fungsi otak, meningkatkan daya ingat dan juga membantu  tetap aktif. Asam lemak ini bersama dengan nutrisi lain melindungi sistem saraf dari kerusakan yang berkaitan dengan penuaan dan bertindak sebagai antidepresan yang melemaskan otak.

#Memperkuat tulang
Para peneliti telah menemukan bahwa konsumsi salmon secara teratur dapat membantu mencegah osteoporosis. Perempuan dengan kadar asam lemak omega-3 yang lebih tinggi dalam darahnya akan terhindar dari patah tulang pinggul. Salmon juga memiliki anti-inflamasi alami dan memakannya setiap hari akan membantu menjaga tulang tetap kuat.

#Meningkatkan kekebalan
Kehadiran asam lemak omega-3, vitamin A, dan selenium dalam salmon dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Makan dua porsi salmon per minggu menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan penurunan kognitif.

#Mencegah ADHD pada anak-anak
Penelitian menunjukkan makan salmon setiap hari mencegah gejala ADHD dan dapat meningkatkan kinerja akademik. Ibu hamil dan menyusui juga harus makan salmon untuk meningkatkan kemampuan belajar dan prestasi akademik anak-anak mereka.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."