Cegah Hipertensi, Turunkan Tekanan Darah dengan Salmon dan Susu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita minum susu. iss.it

Ilustrasi wanita minum susu. iss.it

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pengendalian tekanan darah bagi pasien hipertensi salah satunya dengan mengonsumsi obat-obatan dari dokter. Selain itu, topang juga dengan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi jenis makanan dan minuman yang bisa menurunkan tekanan darah.

Tak hanya untuk penderita hipertensi, asupan sehat juga dirokemendasikan agar tekanan darah terjaga. Mengutip laman Medical Daily, berikut enam jenis bahan makanan yang bisa menurunkan tekanan darah.

Baca juga:
Stres, Semakin Banyak Generasi Milenial yang Hipertensi

#Sayuran hijau
Kalium mampu mengurangi kandungan natrium dalam tubuh yang menjadi penyebab naiknya tekanan darah. Sayuran hijau kaya kalium dan juga magnesium.  Disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau seperti kangkung dan bayam dalam menu makanan. Pilihan sayuran hijau lain adalah selada, arugula, lobak hijau, bit hijau, dan lobak Swiss.

Ilustrasi buah beri. Shutterstock

#Beri
Buah beri bagus untuk perlindungan kesehatan jantung karena mengandung oksida nitrat. Sarah A. Johnson, peneliti di Universitas Negeri Florida, Amerika Serikat, secara khusus merekomendasikan beri biru.

"Ada sesuatu yang sangat istimewa tentang komposisi beri biru yang berpengaruh pada tekanan darah," katanya kepada laman New York Times. "Buah-buahan dan ekstrak tanaman lain belum memberikan hasil yang sama."

#Susu
Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi produk susu rendah lemak bisa menurunkan tekanan darah. Menurut para peneliti, kalsium pada susu berperan menurunkan tekanan darah, bukan suplemen kalsium.  Selain susu rendah lemak, Anda juga bisa mempertimbangkan yogurt. Menurut para peneliti, perempuan yang menyantap lima porsi atau lebih yogurt dalam seminggu bisa menurunkan 20 persen risiko terkena tekanan darah tinggi.

ilustrasi minyak ziatun. Sumber: Alodokter

#Minyak zaitun
Minyak zaitun yang direkomendasikan dalam diet Mediterania juga termasuk ke dalam daftar bahan yang mengurangi tekanan darah. Manfaat tersebut berkat kandungan polifenol dan lemak tak jenuh tunggal di dalamnya. Kandungan lemak baik itu bisa menjadi pengganti mentega yang mengandung lemak buruk. Namun, ingatlah untuk tidak mengonsumsi minyak zaitun secara berlebihan karena tinggi kalori.

#Ikan salmon
Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan berlemak dua kali dalam seminggu. Penelitian telah menemukan bahwa kandungan Omega 3 yang tinggi berperan dalam menurunkan tekanan darah dan mengatasi peradangan dalam tubuh. Laman Prevention mencatatkan salah satu contoh ikan berlemak adalah salmon, yang juga sumber vitamin D. Selain itu, salmon membantu penyerapan kalsium pada tubuh, mencegah depresi, dan mengatur tekanan darah.

#Cokelat hitam
Mengonsumsi cokelat hitam dengan porsi secukupnya dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Varietas cokelat gelap mengandung senyawa yang disebut flavanol, bermanfaat untuk pengendalian tekanan darah, kadar kolesterol, perkembangan otak, dan lainnya. Untuk menghindari kenaikan berat badan yang tidak sehat, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi cokelat hitam kurang dari satu ons per hari. Selain itu, pastikan untuk membeli cokelat yang mengandung setidaknya 70 persen kakao.

Baca juga:
Banyak Penderita Hipertensi Tak Sadar Penyakitnya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."