5 Cara Menghargai Makanan, Cocok Dilakukan selama Ramadan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
ilustrasi makan bersama (pixabay.com)

ilustrasi makan bersama (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Puasa Ramadan adalah salah satu ibadah yang melatih menjaga diri menahan hawa nafsu dan menghargai arti makanan lebih baik. Selain itu, ada cara lain yang dapat diterapkan sehari-hari agar makanan yang masuk ke dalam tubuh lebih diresapi dan dihargai keberadaannya.

Kita sering terburu-buru menghabiskan makanan dan akhirnya lupa mensyukuri nikmat kenyang. Bahkan, ada yang bermalas-malasan dan enggan menghabiskan makanan yang ada di hadapannya sehingga membuang makanan secara sia-sia.

Kita dapat belajar menghargai makanan lebih baik dengan proses “Mindful Eating”. Huffington Post melansir sebuah artikel tentang pola makan positif yang dapat diterapkan dengan langkah-langkah berikut.

Artiikel lain:
Tips Tampil Modis dengan Busana Bermotif di Bulan Ramadan
4 Cara agar Kesehatan Mulut Tetap Oke selama Ramadan

#Tarik napas
Sebelum mengambil makanan, tarik napas terlebih dulu. Tinggalkan pikiran yang mengganggu. Mengonsumsi makanan tidak perlu dilakukan dengan tergesa-gesa namun dalam kondisi yang nyaman dan menenangkan.

#Menghargai
Luangkan waktu sebentar untuk bersyukur dengan makanan yang ada di hadapan. Tak semua orang mendapatkan kesempatan mengonsumsi makanan yang sama. Karena itu, sangat penting menghargai setiap jenis makanan.

ilustrasi makanan (pixabay.com)

#Fokus
Fokus pada cara mengonsumsi makanan. Perhatikan bentuk, aroma, dan kenali bahan-bahan dasarnya. Selain mengenal makanan, kita juga mengetahui apa saja yang masuk ke dalam tubuh serta dampaknya.

#Rasa
Sambil mengunyah dan menelan makanan, perhatikan detail seperti tesktur, suhu, dan rasa makanan di dalam mulut. Jangan asal kunyah dan asal telan. Kenali cita rasa serta kekuatan bumbu di dalamnya. Selain kenikmatan di lidah, kita juga memperoleh pengetahuan tambahan mengenai bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

#Perhatian
Perhatikan respons tubu terhadap makanan, apakah membuat lebih tenang, senang, atau berdebar-debar. Setiap makanan pasti akan memberikan efek yang berbeda. Dengan memperhatikan makanan, kita dapat mengenal makanan yang dapat menjadi pembangkit suasana hati.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."