4 Cara agar Kesehatan Mulut Tetap Oke selama Ramadan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi merawat gigi (pixabay.com)

Ilustrasi merawat gigi (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kesehatan dan kebugaran tubuh perlu diperhatikan selama Ramadan agar dapat menjalankan puasa dan ibadah-ibadah lain dengan maksimal. Salah satu yang perlu diperhatikan dengan baik yaitu kesehatan mulut.

Kita tidak ingin memiliki bau nafas tidak segar serta keluhan gigi dan mulut saat berpuasa.  Karena itu, jangan lupa memperhatikan empat poin penting ini agar tetap segar dan semangat saat berpuasa.

#Periksa kondisi mulut dan gigi
Kunjungi dokter gigi dan lakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mendeteksi kondisi mulut dan gigi. Jika ada yang berlubang dan perlu dilakukan penanganan, maka dapat dilakukan dari sekarang sehingga tidak mengganggu puasa.

Artikel lain:

Tips Merawat Kulit agar Tak Kering Selama Puasa Ramadan

Persiapkan Diri Menjelang Puasa Ramadan dengan 9 Cara Berikut

#Bersihkan karang gigi
Lakukan pembersihan karang gigi atau scaling, yang bertujuan mengangkat sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi dan karang-karang yang mengendap dan tidak terangkat ketika menyikat gigi. Karang gigi merupakan salah satu penyebab utama bau mulut. Jika sudah dibersihkan maka akan terhindar dari bau mulut tak sedap saat puasa.

#Gunakan obat kumur
Untuk mengantisipasi bau mulut saat berpuasa, jangan lupa menyikat gigi dan gunakan obat kumur. Usahakan obat kumur tidak mengandung alkohol terlalu banyak karena dapat menyebabkan mulut kering. Obat kumur akan membantu mengangkat sisa makanan dan menyegarkan mulut.

#Konsumsi air putih dan buah-buahan
Agar mulut segar dan tidak kering, jangan lupa minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa. Karena saat puasa tidak dapat minum, usahakan minum 3-4 gelas air putih saat sahur atau konsumsi buah-buahan segaryang akan membantu mengikat kandungan air dalam tubuh lebih lama sehingga mulut tetap segar.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."