Kiat Menyesuaikan Diri di Lingkungan Pekerjaan yang Baru

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Selasa, 30 April 2019 07:00 WIB
Kiat Menyesuaikan Diri di Lingkungan Pekerjaan yang Baru

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat mendapatkan pekerjaan baru, tentu harus menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja di kantor baru. Beberapa orang enggan untuk mendapatkan pekerjaan baru, karena alasan yang kadang cukup sederhana yaitu nyaman berinteraksi dengan suasana kantor. Tak sedikit yang memilih berada di zona nyaman meski karier tidak berkembang.

Baca juga: Kerja Tak Harus ke Kantor, Yuk Cek Pekerjaan yang Kini Diminati

Di kantor baru, Anda harus belajar untuk menjalin pertemanan jika ingin karier Anda berkembang. Rasa gugup pasti akan ada. Tapi begitu tahu cara mencairkan suasana di kantor baru, Anda akan bisa melaluinya dengan lancar. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk bisa menyesuaikan diri di kantor baru, seperti dilansir dari laman Boldsky

#1. Bersikap sopan
Orang-orang yang bekerja umumnya sangat curiga terhadap orang yang bersikap kelewat manis. Jadi, jangan pernah mencoba bersikap manis dengan rekan baru Anda. Sebaiknya, bersikap baik, sopan, dan tidak sombong sehingga mereka menilai Anda seorang profesional yang layak bekerja, dan bukan seseorang yang ingin menyenangkan hati seseorang.

#2. Amati rekan kerja
Di kantor ada banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat. Setiap orang berbeda, dan Anda tidak dapat memahami mereka semua dalam waktu beberapa hari pertama kerja. Luangkan waktu beberapa minggu untuk mengamati rekan kerja dan hubungan antar mereka secara seksama. Barulah kemudian Anda tahu dan bisa memutuskan apa yang harus Anda lakukan.

#3. Berbagi humor
Humor akan selalu membantu saat membuat teman baru di tempat kerja. Tapi, apa yang menurut Anda lucu mungkin dianggap tidak sopan oleh orang lain. Selalu berhati-hati untuk tidak menyinggung siapapun meski tidak disengaja.

#4. Mulailah pertemanan
Selalu lebih mudah untuk berteman dengan orang-orang yang berlawanan jenis dengan Anda, terutama untuk wanita. Tapi, coba untuk mulai berteman dengan orang-orang dari jenis kelamin yang sama dengan Anda terlebih dahulu, sehingga tahap yang sulit telah berhasil Anda lewati lebih dulu.

#5. Bekerja dengan baik
Jika Anda ahli dalam pekerjaan, Anda tentu akan mendapatkan rasa hormat dari rekan kerja. Tapi jika tidak, Anda akan dianggap beban oleh mereka. Jangan haus popularitas Kebanyakan orang tidak suka jika pendatang baru terlalu cepat menjadi bahan perbincangan kantor. Ini akan mencuri perhatian yang tidak diinginkan dari setiap bagian. Jadi, jangan terburu-buru ingin menjadi populer di kantor. 

LUCIANA