Pentingnya Kurikulum yang Ajarkan Orang Tua Cara Mengasuh Anak

Ilustrasi Ibu (pixabay.com)

keluarga

Pentingnya Kurikulum yang Ajarkan Orang Tua Cara Mengasuh Anak

Senin, 29 April 2019 10:26 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Orang tua sering kali fokus untuk mendapatkan ilmu mengenai kesehatan anak namun jarang menemukan pendidikan yang mengajarkan mengenai pengasuhan. Bila melakukan riset mengenai pengasuhan, orang tua merasa bingung mulai dari mana?

Karena itu, dibuatlah organisasi Keluarga Kita, yang memberikan pendidikan untuk keluarga. Organisasi keluarga kita menyusun kurikulum, yang dibuat oleh ahli psikolog dan juga para orang tua, untuk mengajarkan orang tua mengenai beberapa poin penting yang berhubungan dengan cara mengasuh anak.

Artikel lain:Orang Tua Bertengkar di Depan Anak, Ini Dampak Negatifnya“Pertama kita menggunakan prinsip cinta. C untuk cari cara, I untuk impian tinggi, N untuk menerima apa adanya, T untuk tidak takut drama, dan A untuk anak main bersama,” jelas Siti Nur Andini, Manager Program Keluarga Kita di acara Perempuan Bercerita di ruang & tempo, Jakarta Selatan, Sabtu, 27 April 2019.

Dia menjelaskan kalau semua orang dewasa harus bisa belajar cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan anak. Kurikulum yang disusun juga mengajarkan orang tua untuk memperhatikan hubungan dengan orang dewasa lain, seperti asisten rumah tangga, teman, kakek dan nenek.

Anak-anak memperhatikan hubungan orang tua dengan orang dewasa lain dan akan mengikuti contoh orang tua dalam hal tersebut. Lalu, kurikulum ini juga mengajarkan cara orang tua bisa disiplin dengan anak tanpa mengintimidasi anak. Terakhir, kurikulum ini mengajarkan orang tua cara mendukung proses belajar anak.

“Kita bikin kurikulum ini dan kita sebarkan melalui website dan media sosial. Akhirnya, bikin program namanya program rangkul, relawannya sudah di 23 kota/kabupaten seluruh Indonesia. Mereka mendapatkan manfaat langsung untuk diri sendiri keluarga dan lingkungan,” lanjut Andini.

Pendidikan untuk keluarga ini juga membantu membangun komunikasi dan interaksi yang positif di lingkungan orang tua dan anak.

Baca juga:Karakter Orang Tua Zaman Now Bikin Anak Lebih Mandiri