Tips Mix and Match Busana Muslim ala Ria Miranda

Koleksi Spring Summer 2019 Ria Miranda bertajuk Kolase yang ditampilkan dalam RiaMiranda Trunk Show 2018, di Ballrom Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Jumat, 30 November 2018. dok. RiaMiranda

ragam

Tips Mix and Match Busana Muslim ala Ria Miranda

Jumat, 26 April 2019 19:41 WIB
Reporter : Antara Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu yang menjadi perhatian umat muslim menjelang Ramadan adalah pilihan busana. Tentu busana yang nyaman dan modis sesuai dengan syariat agama. Tak perlu bingung memadupadankan busana, desainer Ria Miranda berbagi kiat memilih busana yang nyaman digunakan untuk Ramadan.

Baca juga: Koleksi Ria Miranda x Jovian Mandagie untuk Hari Raya Lebaran

Perhatian utama tentu pemilihan bahan. Usahakan untuk memilih busana yang menggunakan kain ringan dan menyerap keringat. Bahan ini sangat pas digunakan orang Indonesia yang tinggal di iklim tropis. Pilih busana dari bagan katun yang tipis tapi tidak menerawang. 

Bahan katun nyaman dipakai meski mudah kusut. Seperti dalam koleksi Lebaran kolaborasi Ria Miranda dan Cotton Ink, bahannya menggunakan tekstur yang ringan. Selain bahan, pilih busana berpotongan longgar dan tidak terlalu mengikuti lekuk tubuh akan lebih nyaman dipakai. Misalnya gamis atau tunik, biasanya mengikuti prinsip seperti itu. Penggunanya akan mudah bergerak dan tubuh terasa lebih nyaman.

Ria Miranda, Creative Director RiaMiranda, di acara RiaMiranda 1 Dekade, di Jakarta Selatan, Selasa 23 April 2019. TEMPO/Astari Pinasthika Sarosa

Setelah tekstur dan potongan, perhatikan padu padan busana sesuai selera. Misalnya Ria Miranda yang identik dengan warna-warna pastel. Pada koleksi terbarumua, busananya, dihiasi motif yang terinspirasi dari ornamen-ornamen Dinasti Ming dari China, selain unsur motif batik Mega Mendung. 

Motif-motif seperti itu dapat "ditabrak" dengan motif lain, seperti garis-garis, bila punya tingkatan warna yang serupa. Padu padan lain juga dapat dilakukan jika motif pelengkap berukuran kecil-kecil. "Pada koleksi ini, motif print dipadu dengan garis-garis terlihat oke juga. Asalkan, tone warna dan turunannya sama. Warna pastel dipadukan enggak akan terlalu 'penuh'," kata Ria.