Koleksi Ria Miranda x Jovian Mandagie untuk Hari Raya Lebaran

Desainer Ria Miranda dan desainer Malaysia Jovian Mandagie. TEMPO/Nia Pratiwi

ragam

Koleksi Ria Miranda x Jovian Mandagie untuk Hari Raya Lebaran

Kamis, 28 Maret 2019 10:00 WIB
Reporter : Yunia Pratiwi Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Desainer Ria Miranda berkolaborasi dengan desainer Malaysia Jovian Mandagie dalam koleksi untuk hari raya Lebaran, yang bertema Morocan. Ini adalah pertama kalinya Ria Miranda berkolaborasi dengan desainer luar negeri. Koleksi Morrocan ini terinspirasi dari gaya Magribi atau seni budaya Maroko.

Baca juga: Ria Miranda Trunk Show 2019: Kolase Seni dan Fashion

Ria Miranda mengaku sejak lama mengikuti karya Jovian Mandagie di media sosial. Ia pun sempat tak menyangka saat Jovian mengajaknya berkolaborasi membuat koleksi untuk hari raya. Setelah masa persiapan selama 6 bulan, 20 koleksi Moroccan ini siap dihadirkan untuk pecinta fashion muslim.

Koleksi Jovian x RiaMiranda. dok. PR

Dengan dua latar belakang Negara yang berbeda, Ria Miranda mengatakan salah satu tantangannya adalah menyatukan dua selera pasar yang berbeda. Namun lewat proses diskusi bersama kedua tim, perbedaan kedua pasar bisa dituangkan dalam koleksi ini. Sedangkan untuk pemilihan tema Morrocan, Ria Miranda punya alasan tersendiri.  

“Pemilihan tema Morrocan ini karena ingin mengingatkan kembali kesuksesan koleksinya terdahulu. “Aku ingin mengulang lagi tema itu, dari print-nya memang kita suka sekali ornamamen khas Maroko,” ujar Ria sebelum trunk show koleksi Jovian x RiaMiranda, di Rumah Maroko, Jakarta, 26 Maret 2019.

Koleksi Jovian x RiaMiranda. dok. PR

Jovian Mandagie menambahkan, koleksi kolaborasi ini juga sebagai penyatuan seni dan fashion.  Inspirasi dari oranmen, seni, serta ukiran dituangkan melalui detail-detail print dan warna. “Prosesnya begini sebelum mau finalisasi desain yg mana, kita menggabungan 10 desain dari saya dan 10 dari Ria, setelah digabungkan lalu pilih mana yang sesuai market Indonesia dan Malaysian, untuk print kebanyakan dari Jovian, sedangkan finishing-nya dari Ria,” ujar Jovian yang tahun ini ketiga kalinya berkolaborasi dengan desainer Indonesia.

Koleksi Jovian x RiaMiranda. dok. PR

20 looks koleksi Jovian x RiaMiranda ini terdiri dari kaftan, blus, baju kurung modern, oversized jacket dan celana palazzo. Dengan dominasi warna pastel khas Ria Miranda, seperti pink, lilac, green mint, beige, dan baby blue, dihias dengan manik-manik khas Jovian di beberapa bagian. Sedangkan gaya Maroko atau Maghribi hadir dalam gabungan print optikal dan motif floral.

Koleksi Jovian x RiaMiranda. TEMPO/Nia Pratiwi

Koleksi Jovian x RiaMiranda bisa didapatkan mulai dari Rp 700 ribu sampai Rp 2 juta rupiah. Di Indonesia koleksi ini mulai dipasarkan pada tanggal 30 Maret 2019 di store RiaMiranda di Jakarta, Padang, Balikpapan, Yogyakarta, Semarang, Bandung, dan Palembang. Sementara di Malaysia mulai dipasarkan pada 15 Maret 2019. Selain di Indonesia dan Malaysia, koleksi ini juga dijual di Brunei Darusallam dan Singapura.m