5 Makanan Pengusir Kantuk di Tempat Kerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita mengantuk atau menguap.  shutterstock.com

Ilustrasi wanita mengantuk atau menguap. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Terlalu sering begadang dan memiliki pola tidur yang tak baik akan berujung lelah, lemas, dan selalu mengantuk saat siang hari. Alhasil, saat bekerja kita akan selalu mengantuk.

Jika tak mau mengantuk saat melakukan kegiatan di siang hari, Anda tak perlu harus selalu minum kopi. Ada beberapa makanan lain yang juga efektif untuk menghilangkan kantuk.

Artikel lain:

Wajib Tahu Tips Menempatkan Makanan di Setiap Rak Kulkas
Makanan Sehat Tak Perlu Mahal, Ini Contohnya

1. Cokelat
Jika tak ingin selalu mengantuk, Anda bisa makan cokelat karena mengandung kafein seperti kopi. Meskipun makan cokelat susu, ternyata masih ada juga kandungan kafeinnya dan semakin gelap warna cokelat maka kandungan kafeinnya semakin banyak. Cokelat juga mengandung tirosin yang diubah menjadi dopamin, yang bisa melawan rasa kantuk.

2. Makanan pedas
Saat mengantuk, kemudian Anda makan makanan yang pedas, jelas akan membuat rasa kantuk hilang seketika. Makanan yang pedas akan membuat melek karena suhu tubuh meningkat. Namun, jangan pula mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan karena bisa sakit perut.

ilustrasi air putih. Shutterstock

3. Air putih
Selalu mengantuk saat bekerja bisa jadi karena dehidrasi . Saat kekurangan cairan, maka tubuh akan lemas hingga mengantuk. Jadi, mulai saat ini jangan pernah lupa untuk berbekal air putih. Dengan teratur minum air putih maka tubuh tak akan kekurangan cairan lagi dan akan selalu berenergi.

4. Sayuran hijau
Sayuran memang sudah terkenal memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Salah satunya ialah meningkatkan energi sehingga kita tak mudah lelah dan mengantuk. Kandungan vitamin B dalam sayuran hijau bisa mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Setelah tahu sayuran bisa mencegah mengantuk, jangan lupa bawa bekal makanan dengan banyak sayuran ke tempat kerja.

5. Es krim
Makanan pencegah kantuk ini pastinya favorit banyak orang. Selain enak, es krim juga bermanfaat mencegah kantuk. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin bisa membuat otak cepat terangsang sehingga membuat lebih fokus dan tak akan mengantuk lagi.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."