Wajib Tahu Tips Menempatkan Makanan di Setiap Rak Kulkas

kesehatan

Wajib Tahu Tips Menempatkan Makanan di Setiap Rak Kulkas

Kamis, 20 Desember 2018 16:16 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Kulkas menjadi brankas makanan di rumah. Di dalamnya ada berbagai rak yang memiliki fungsi dan temperatur yang berbeda. Direktur Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology atau SEAFEST, Nuri Andarwulan menjelaskan ada posisi-posisi tertentu di kulkas untuk setiap tipe makanan.

"Cara menyimpan makanan di kulkas berdampak pada kualitas makanan karena ada bagian kulkas yang lebih dingin dari yang lain," kata Nuri Andarwulan di Hotel Monopoli, Jakarta Selatan, Rabu 19 Desember 2018. Dia menjelaskan, suhu kulkas menjadi suatu hal yang penting untuk menghindari bakteri pada makanan.

Suhu ideal untuk freezer biasanya -12 sampai -18 derajat celsius. Sedangkan suhu untuk area chiller atau selain freezer adalah 4 sampai 10 derajat celsius. Ketika menaruh mentega misalnya, Nuri mengatakan tempat paling tepat adalah di bagian atas yang suhunya 7 derajat celsius.

Susu dan telur juga sebaiknya diletakkan di bagian tengah atas kulkas, satu tempat dengan krim dan yoghurt. Adapun daging yang sudah dimasak cocok diletakkan di bagian tengah bawah kulkas.

Ilustrasi kulkas. Shutterstock.com

Sementara laci di bagian bawah kulkas cocok untuk sayur dan buah-buahan. "Tidak semua sayur dan buah-buahan harus masuk kulkas. Avokad yang dibeli saat masih mentah tidak akan matang bila masuk kulkas. Bawang juga tidak perlu masuk kulkas," ucap Nuri.

Freezer atau lemari pembeku lebih tepat untuk makanan yang memang saat dibeli disimpan di tempat dingin. Makanan seperti es krim dan daging mentah tentu harus disimpan di freezer.

Baca: Cara Simpan Makanan, Buah, Daging, Susu, dan Sayur dengan Benar