Cegah Hipertensi, Kurangi Garam pada Makanan, Coba Triknya

Ilustrasi menaburkan garam. shutterstock.com

kesehatan

Cegah Hipertensi, Kurangi Garam pada Makanan, Coba Triknya

Senin, 22 April 2019 08:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Garam sudah menjadi bumbu masakan yang nyaris tak terpisahkan. Masakan tanpa garam akan terasa hambar dan tidak menggugah selera makan.

Selain itu, sodium dalam garam memang dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi dengan semestinya. Tapi di pihak lain, konsumsi garam atau sodium berlebih juga tidak baik buat kesehatan, terutama terjadinya hipertensi.

Di Amerika Serikat, misalnya, satu dari tiga orang dewasa menderita tekanan darah tinggi. Hipertensi bisa menjadi awal munculnya penyakit jantung, ginjal, dan stroke, serta disebut sebagai pembunuh tersembunyi karena tidak ada gejala khusus.

Artikel terkait:Kaitan Hipertensi dan Sering Buang Air Kecil Malam

Mengurangi asupan sodium akan menurunkan risiko hipertensi. Tapi tentu tak mudah untuk tidak membubuhkan garam yang cukup pada makanan karena akan membuat rasanya hambar.

Sebenarnya, ada cara mudah untuk mengakalinya, makanan tetap berasa tanpa banyak garam. Berikut caranya, seperti dilansir Foxnews.

Ilustrasi lemon. Shutterstock

Tambahkan lemon Menambahkan air atau irisan lemon pada makanan bukan hanya membuatnya lebih berasa. Kandungan asam sitrat pada lemon juga membantu menghancurkan lemak, karbohidrat, dan protein, serta baik buat pencernaan. Air lemon bisa ditambahkan pada ikan panggang atau sayuran kukus.

Perbanyak rempah Menggunakan rempah-rempah atau bumbu dapur saat memasak juga salah satu cara menekan penggunaan garam, gula, atau lemak tanpa membuat rasanya menjadi hambar. Belum lagi manfaat kesehatan rempah-rempah yang mengandung antioksidan tinggi. Rempah-rempah segar memiliki aroma lebih kuat tapi rempah-rempah kering lebih mudah digunakan dan tahan lama disimpan.

Saus campuran Membuat saus atau kuah dari berbagai bahan atau minyak-minyak sehat juga bisa menambah rasa makanan tanpa perlu membubuhkan banyak garam, dan yang pasti lebih sehat.

Baca juga:Cegah Hipertensi, Turunkan Tekanan Darah dengan Salmon dan Susu