Banyak yang Tak Kenal, Padahal Genjer Sahabat Kesehatan

Reporter: Cantika.com
Editor: Yayuk Widiyarti
Selasa, 16 April 2019 17:35 WIB
Banyak yang Tak Kenal, Padahal Genjer Sahabat Kesehatan

CANTIKA.COM, Jakarta - Anda tahu atau pernah melihat sayuran genjer? Tanaman yang biasa tumbuh di rawa atau sawah ini memiliki nilai gizi yang tinggi, tak kalah dari sayuran hijau lain.

Genjer disebut yellow burr head atau yellow velvetleaf dalam bahasa Inggris, cebolla de chucho dalam bahasa Tagalog, dan cu neo dalam bahasa Vietnam. Genjer memiliki nama ilimiah Limnocharis flava dengan tinggi tak lebih dari 50 sentimeter.

Konon, tanaman ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Selatan, Kuba, Haiti, dan Republik Dominika. Namun, dalam perkembangannya, genjer justru lebih banyak ditemui di Asia Tenggara dan Selatan, serta Cina bagian selatan.

Genjer biasanya tumbuh di tempat dengan air yang tak terlalu dalam, tidak berarus, atau di rawa-rawa. Tanaman ini bisa tumbuh di sawah di antara rerumpunan padi sehingga mengganggu pertumbuhan padi.

Genjer bisa dimasak sebagai sayur, direbus, dibuat urap, dan campuran pecel atau gado-gado. Berikut manfaat genjer bagi kesehatan, seperti dilansir Vegetafruit.

Artikel lain:
8 Jenis Sayur yang Kaya Manfaat Kesehatan dan Mudah Didapat
Selain Baik buat Kesehatan, Kranberi Juga Sahabat Kecantikan

#Meremajakan sel-sel tubuh
Genjer mengandung protein yang bisa membantu meremajakan sel-sel tubuh. Tubuh memproduksi jutaan sel setiap hari untuk menggantikan sel-sel yang sudah mati atau tidak berfungsi.

#Menambah tenaga
Genjer mengandung lemak baik yang dibutuhkan tubuh dan bisa menjadi cadangan energi ketika lelah.

#Menguatkan tulang
Tanaman ini mengandung kalsium yang baik buat tulang. Pada anak-anak, kalsium baik buat pertumbuhan tulang sedang pada orang dewasa untuk mencegah osteoporosis. Genjer juga baik buat kesehatan persendian.

#Mencegah kanker usus dan sembelit
Kanker usus biasanya terjadi akibat pola makan keliru dan pencernaan yang tidak berfungsi dengan baik. Genjer mengandung serat tinggi yang baik buat pencernaan. Rutin mengonsumsi genjer bisa mencegah serangan kanker usus dan sembelit.

#Memangkas risiko penyakit jantung
Kandungan polifenol pada genjer berfungsi sebagai antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dari lingkungan sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung dan kanker.