Selain Baik buat Kesehatan, Kranberi Juga Sahabat Kecantikan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Cranberry. shutterstock.com

Cranberry. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kranberi ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut. Bahkan hampir semua produk kecantikan kini mengandung sari buah berwarna merah tersebut.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kranberi untuk kulit dan rambut, dikutip dari laman Boldsky.

Artikel lain:
Setrika Wajah, 1 dari 3 Perawatan Kecantikan Melawan Penuaan
4 Mitos Kecantikan yang Bikin Perempuan Terkecoh

Untuk kulit:

1. Mengobati jerawat dan bekasnya
Kranberi sangat membantu melawan jerawat dan bekasnya. Buah ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antijamur yang membantu menenangkan kulit dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Kranberi mengandung vitamin C yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan membersihkan kulit. Oleskan jus kranberi menggunakan kapas ke kulit yang berjerawat, tunggu 20 menit dan bilas dengan air.

2. Mengelupas kulit
Kranberi bersifat asam sehingga berfungsi membersihkan sel-sel kulit mati. Buah ini juga dapat meresap jauh ke dalam kulit dan menghilangkan racun dari kulit serta membantu kulit untuk mengelupas.

3. Membuat kulit kencang
Kranberi kaya vitamin A dan C yang membantu meningkatkan produksi kolagen, protein yang berfungsi menjaga elastisitas kulit. Kolagen membuat kulit tetap kencang sehingga terlihat awet muda.

4. Agen antipenuaan
Memiliki kandungan vitamin C, B3, dan B5, kranberi mampu membantu melawan penuaan dini. Antioksidan yang hadir di dalamnya membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas sehingga bisa mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

5. Membuat kulit bersinar
Kranberi mampu mempromosikan sel-sel kulit yang sehat dan melawan kerusakan akibat radikal bebas. Sel kulit mati dan radikal bebas akan membuat kulit terlihat kusam. Di sinilah kranberi membantu mencerahkan kulit dan membuatnya bersinar serta sehat.

Cranberry. gsoextracts.com

Untuk rambut:

1. Membantu pertumbuhan rambut
Kranberi dapat membantu memfasilitasi pertumbuhan rambut. Buah ini memiliki vitamin A dan C yang dapat mendorong pertumbuhan rambut.

2. Mengatasi ketombe
Bakteri dan kulit berminyak adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan ketombe. Kranberi dapat melawan kedua masalah ini. Sifat antibakterinya menjaga dan mengendalikan kelebihan minyak. Karena itu, kranberi bermanfaat untuk mengatasi ketombe.

3. Melembabkan kulit kepala
Kulit kepala yang kering dapat menyebabkan gatal dan kerak. Kranberi memiliki kandungan air yang tinggi dan membantu menjaga kulit kepala tetap lembab dan terhidrasi.

4. Memperbaiki kerusakan rambut
Vitamin C yang terkandung dalam kranberi adalah antioksidan yang dapat memperbaiki folikel rambut yang rusak sehingga berfungsi untuk memperbaiki rambut yang rusak dan membuat sehat serta kuat.

5. Mencegah rambut beruban
Vitamin yang terkandung dalam kranberi, khususnya vitamin C, dapat mencegah rambut beruban sebelum waktunya dan menjaga kesehatannya.

Baca juga:
Tren Kecantikan untuk Hijaber, Tak Lagi Utamakan Makeup

 
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."