Bahan Alami Alternatif Masalah Kulit Selama Hamil

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Minggu, 14 April 2019 20:28 WIB
Bahan Alami Alternatif Masalah Kulit Selama Hamil

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama masa kehamilan terjadi perubahan hormon yang menyebabkan beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh. Misalnya kulit yang terlihat lebih gelap, jerawat, bengkak pada kaki, serta perubahan suasana hati. Tapi, hal ini tak menjadi alasan untuk melupakan rutinitas kecantikan.

Baca juga: Tya Ariestya Ungkap Kehamilan yang Sarat Drama

Anda bisa melakukan sedikit penyesuaian rutinitas perawatan kulit selama hamil. Misalnya, sebelum menerapkan produk apapun, ketahui bahan-bahannya, dan lihat apakah produk tersebut mengandung bahan kimia yang akan membahayakan kehamilan. Selain itu, anda bisa mengganti produk perawatan kulit dengan yang berbahan natural. Melansir laman Boldsky, berikut ini beberapa trik perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil.

#1. Oatmeal
Saay kulit mulai terasa gatal dan kering secara instensif tentu membutuhkan sesuatu untuk menenangkan seperti oatmeal yang super lembut. Ambil secangkir oatmeal organic tanpa perasa, giling sampai menjadi halus lalu, masukkan ke dalam kantong teh mueslin. Kemudian nasukkan kantong teh ke dalam air panas, kemudian rendam dan rileks. Ini akan menenangkan peradangan dan membuat kulit Anda lembut.

#2. Manjakan kaki dengan minyak lavender
Menjelang akhir trimester ketiga, kaki Anda bisa bertambah besar. Rendam kaki atau pijat kaki supaya terasa nyaman. Isi baskom dengan air panas dan tambahkan lima tetes minyak lavender. Rendam kaki Anda  selama sepuluh menit. Ini tidak hanya akan meningkatkan sirkulasi darah, tetapi juga menghilangkan stres.

#3. Minyak rosehip untuk hilangkan stretch marks
Meskipun tidak ada obat secara permanen menghapus stretch marks, masih ada hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi dampaknya. Oleskan minyak rosehip dua kali sehari, ini akan mengurangi stretch marks sebanyak 43 persen dan jaringan parut hingga 41 persen.

#4. Semprotkan air dingin untuk menjaga suhu tubuh
Suhu tubuh inti wanita hamil cenderung lebih tinggi daripada orang normal, yang bisa sangat melelahkan selama panas terik. Simpanlah botol semprot air dingin yang praktis, dan setiap kali Anda merasa suhu tubuh mulai di luar kendali, cukup menyemprotkan air untuk mendinginkannya.

#6. Kentang mentah untuk meringankan mata lelah
Mata lelah, bengkak dengan lingkaran hitam sering dialami banyak ibu hamil. Daripada menggunakan irisan mentimun yang sudah biasa, cobalah irisan kentang sebagai gantinya. Ini jauh lebih efektif dan menenangkan mata, langsung. Potong beberapa iris dan tempatkan mereka pada mata lelah Anda dan biarkan bekerja dengan ajaib.

#7. Produk bebas sulfat
Sulfat dalam sampo dan kondisioner harus dihindari selama kehamilan. Ingat, semua bahan-bahan alami. Mayones biasa dapat bekerja sebagai kondisioner yang luar biasa. Dan untuk menjaga kulit kepala Anda bersih coba ramuan yang terbuat dari baking soda dan cuka. Ini akan membawa hasil yang jauh lebih baik daripada shampoo berbasis sulfat.

#8. Gunakan minyak zaitun untuk menghapus make up
Ada beberapa bahan kimia dalam pembersih yang tidak dianjurkan selama kehamilan. Minyak zaitun akan bekerja dengan lembut untuk menghapus riasan, dan memiliki gizi untuk kulit Anda tetap lentur.