Gejala Haid dan Hamil Ternyata Hampir Mirip, Apa Saja?

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Sabtu, 6 April 2019 16:00 WIB
Gejala Haid dan Hamil Ternyata Hampir Mirip, Apa Saja?

CANTIKA.COM, Jakarta - Gejala menjelang menstruasi yang sering dialami perempuan antara lain perubahan mood, nafus makan meningkat, kram, dan lainnya sangat mirip dengan permulaan kehamilan. Kemungkinan terjadinya kehamilan saat berpikir bahwa itu adalah masa menstruasi, mungkin menjadi hal yang menakutkan jika Anda sedang tidak merencanakannya.

Baca juga: 8 Makanan yang Dapat Meredakan Kram saat Menstruasi

Cara terbaik untuk memastikan bahwa gejala Anda berkaitan dengan menstruasi adalah dengan memperhatikan jenis kontrasepsi yang digunakan. Tapi kontrasepsi pun tidak 100 persen menentukan. Jika Anda tidak mendapatkan menstruasi Anda, dan mengalami gejala aneh ini selama berminggu-minggu, mungkin sudah saatnya menemui dokter dan segera mencatatnya.

Seperti dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah enam gejala kehamilan dan haid yang sangat mirip, Anda pun mungkin tidak dapat membedakannya.

#1. Kram
Rasa sakit akibat kram akan terjadi saat hamil maupun siklus menstruasi Anda. Kram saat hamil adalah hal yang biasa terutama pada trimester pertama saat rahim Anda berkembang. Jika Anda mulai merasakan nyeri seperti ditusuk, ini mungkin berasal dari ligamen di sekitar rahim yang membentang, tapi sebaiknya Anda segera ke dokter untuk memastikannya.

#2. Payudara membesar
Payudara membesar juga terjadi saat hamil dan siklus menstruasi, yang disebabkan oleh perubahan hormon yang mengatur siklus reproduksi Anda. Peningkatan estrogen menyebabkan saluran payudara membesar, sehingga membuat Anda sedikit lebih sensitif dari biasanya.

#3. Perubahan suasana hati
Perubahan suasana hati juga biasa terjadi saat hamil dan menstruasi. Hanya saja bisa lebih agresif saat Anda hamil.

#4. Bercak darah
Salah satu tanda kehamilan yang lebih cepat adalah, bercak. Bercak atau pendarahan ringan bisa terjadi satu atau dua minggu setelah pembuahan. Hal ini sering disalahartikan bahwa itu tanda menstruasi oleh beberapa perempuan. Namun, jika bercak merah muda atau coklat tua, ada kemungkinan itu berarti Anda sedang hamil, jadi sebaiknya periksa secepat mungkin dengan dokter.

#5. Nyeri punggung
Nyeri punggung bawah kronis biasa terjadi saat hamil, tapi juga sering terjadi pada menstruasi. Nyeri punggung bawah saat menstruasi dikaitkan dengan perubahan hormonal yang terjadi di tubuh Anda selama waktu itu, memberi beberapa perspektif tambahan mengapa Anda merasakan rasa sakit yang sama selama kehamilan juga.

#6. Menginginkan makanan tertentu
Hal ini biasanya terjadi pada perempuan sebelum hamil, tapi juga menjadi gejala haid yang umum. Penyebabnya adalah perubahan hormon yang dialami  selama PMS dan juga selama hamil.