Sebab Risiko Gigi Sensitif Meningkat pada Ibu Hamil

Reporter: Astari Pinasthika Sarosa
Editor: Yayuk Widiyarti
Rabu, 10 April 2019 13:30 WIB
Sebab Risiko Gigi Sensitif Meningkat pada Ibu Hamil

CANTIKA.COM, Jakarta - Pada saat hamil, wanita akan menghadapi banyak perubahan. Salah satu yang sering dihadapi adalah gigi sensitif. Tentu saja memiliki gigi sensitif bisa membuat perasaan tidak nyaman pada saat makan dan minum.

Ibu yang sedang hamil memiliki risiko lebih tinggi memiliki gigi sensitif di trimester pertama, yang bisa membuat perasaan tidak nyaman di awal kehamilan.

“Pasti pada setiap ibu hamil, ada perubahan hormonal yang bisa memiliki dampak pada gigi dan gusi. Kadang, gusi bisa sampai bengkak-bengkak,” tutur spesialis prostodonti drg. Andy Wirahadikusumah di Jakarta Selatan, Selasa, 9 April 2019.

Artikel terkait:
Manfaat Veneer Gigi Tak Hanya untuk Memutihkan
Bedanya Memutihkan Gigi dengan Cara Bleaching vs Veneer

Ibu hamil berisiko memiliki gigi sensitif bila sering mual dan muntah, karena muntahan tersebut mengandung asam yang bisa membuat gigi sensitif. Secara alamiah, kondisi kehamilan memang memicu gigi menjadi lebih sensitif.

Namun, ibu hamil tidak boleh melakukan perawatan yang invasif pada gigi di trimester pertama dan ketiga. Perawatan yang invasif pada gigi di trimester pertama dan ketiga bisa memicu kelahiran bayi secara prematur. Karena itu, cara terbaik sudah membiasakan diri menggunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif.

“Gigi lebih sensitif bisa disebabkan karena hal-hal hormonal, dan bisa diatasi dengan menyikat gigi dengan benar. Cara yang benar itu seperti apa? Ya dengan pasta gigi yang khusus gigi sensitif,” lanjut drg. Andy Wirahadikusumah.