Membiasakan Anak Gaya Hidup Sehat, Siapa yang Paling Berperan?

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Yayuk Widiyarti
Jumat, 12 April 2019 06:08 WIB
Membiasakan Anak Gaya Hidup Sehat, Siapa yang Paling Berperan?

CANTIKA.COM, Jakarta - Semua orang tua ingin anak tumbuh dengan gaya hidup sehat. Namun, terkadang orang tua lupa gaya hidup sehat harus dibiasakan sejak dini dengan cara memberi contoh pada anak.

Sayangnya, masih banyak orang tua yang tidak menjaga komitmen terhadap gaya hidup sehat, terutama ayah. Kebanyakan suami hanya mempercayakan istri untuk mengasuh anak dan membiasakan pola hidup sehat. Sementara ayah tidak memberi contoh nyata, misalnya masih suka begadang hingga merokok.

Artikel terkait:

Mengubah Pola Pikir, Langkah Awal Memulai Gaya Hidup Sehat

Padahal, peranan seorang ayah dalam menanamkan dan membiasakan pola hidup sehat pada keluarga sangat penting. Dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Guelph, Ontario, Kanada, dikemukakan bahwa contoh yang diberikan oleh ayah, bukan ibu, tentang pola makan sehat sangat berkaitan dengan kebiasaan dan pola makan sehat pada anak.

“Melibatkan ayah secara efektif dalam upaya promosi kesehatan dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan perilaku makan, aktivitas, dan waktu bermain gawai yang lebih sehat sejak dini. Ini juga dapat mendukung pembagian kerja yang lebih adil antara orang tua,” kata Jess Haines, profesor Ilmu Gizi Terapan di Universitas Guelph.

Ayah yang gemar berolahraga dan makan makanan sehat akan memberi pengaruh besar pada kebiasaan anak dalam menerapkan gaya hidup yang serupa.

Baca juga:

Mulai Gaya Hidup Sehat dengan Olahraga, Pilih yang Kamu Suka

“Mengingat peran penting yang dimainkan ayah dalam pengembangan perilaku kesehatan anak-anak, penting untuk melibatkan ayah dalam intervensi gaya hidup sehat di keluarga,” lanjut Haines.

Namun, penelitian juga menekankan untuk memberikan dampak maksimal diperlukan peranan yang seimbang antara ayah dan ibu untuk mendukung gaya hidup sehat di keluarga. Orang tua bisa membagi peran dengan seimbang, misalnya ayah banyak berperan dalam mengajak anak-anak berolahraga dan melakukan kegiatan di luar rumah, sementara ibu berfokus menyiapkan asupan makanan dan minuman sehat untuk keluarga.

AURA