Mulai Gaya Hidup Sehat dengan Olahraga, Pilih yang Kamu Suka

ilustrasi berolahraga. Shutterstock

kesehatan

Mulai Gaya Hidup Sehat dengan Olahraga, Pilih yang Kamu Suka

Selasa, 29 Januari 2019 09:00 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Gaya hidup sehat dapat dimulai dengan olahraga. Anda bisa memilih berolahraga di pusat kebugaran dan menyewa jasa pelatih atau berolahraga sendiri. Biasanya jika berolahraga dengan jasa pelatih, mereka merancang  program khusus yang terdiri dari kombinasi latihan kardio dan latihan beban.

Baca juga: Olahraga Pakai Perabot Rumah Tangga, Ikuti 6 Gerakan Berikut

Ini untuk memastikan semua otot tubuh dari atas hingga bawah bergerak, sehingga target penurunan berat badan terarah dan relatif cepat. Namun olahraga sendiri pun bisa mendapat hasil maksimal tentu dengan menerapkan kedisiplinan. 

Selain itu, bagi pemula, Dr. Alia Basalamah, National Fitness and Training Manager Fitness First Indonesia, menyarankan, sebaiknya memilih latihan atau olahraga sesuai dengan aktivitas yang disukai. “Ini penting agar kita dapat mempertahankan kebiasaan berolahraga dan akhirnya menjadi gaya hidup kita. Ingat, tubuh kita dirancang dengan tujuan. Jadi, apa pun olahraganya, pasti mempunyai manfaat yang positif, selama dilakukan dengan benar,” ujar Alia. 

Misalnya, Alia mencontohkan untuk seseorang dengan berat tubuh 60 kilogram misalnya, latihan beban selama 1 jam dapat membakar 360-400 kalori. Ini juga dipengaruhi metode latihan beban yang diterapkan dan intensitasnya. “Namun misalnya Anda suka berenang, maka berenanglah. Seseorang dengan bobot tubuh yang sama, berenang nonstop selama 1 jam, dapat membakar lebih dari 400 kalori. Hasil yang sama didapat, ketika Anda berjalan menanjak," katanya.

Artikel lain: Ternyata Ada Kaitan Olahraga dan DNA, Apa Itu?

Alternatif lainnya, Anda bisa melakukan hal yang paling mudah, yakni berjalan kaki. Setidaknya, berjalan kaki santai selama 1 jam (untuk bobot tubuh 60 kilogtam) dapat membakar 200 kalori. “Apa pun aktivitas fisiknya, selama dilakukan dengan rutin dan teratur, hasilnya akan maksimal,” ungkap Alia. 

AURA