Awas, Infused Water Berbahaya buat Gigi Sensitif

Ilustrasi infused water yang segar. shutterstock.com

kesehatan

Awas, Infused Water Berbahaya buat Gigi Sensitif

Rabu, 10 April 2019 12:39 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Memiliki gigi sensitif tidak diinginkan siapa pun. Gigi sensitif sering membuat perasaan tidak nyaman saat makan dan minum serta bisa menyebabkan infeksi.

Soda dikenal sebagai salah satu minuman yang bisa menyebabkan gigi sensitif. Namun, selain soda, minuman air infus yang sekarang menjadi tren juga bisa menyebabkan gigi sensitif.

Infused water adalah air putih yang dicampur dengan berbagai macam potongan buah yang kemudian disimpan di dalam wadah tertutup selama beberapa waktu. Minuman ini menjadi tren karena memiliki rasa yang segar dan dianggap banyak manfaat untuk kesehatan.

Artikel terkait:Selain Air Putih, 8 Minuman ini Bisa Bantu Atasi Dehidrasi

 

Division Head of Health and Wellbeing Unilever Indonesia Foundation Unilever Indonesia, drg. Ratu Mirah Afifah, mengatakan kalau infused water bisa membuat gigi menjadi sensitif.

Infused water kan suka pakai buah-buah yang asam, seperti lemon begitu. Itu lemon dipotong jadi slice itu sebenarnya satu slice sudah cukup. Kadang orang suka masukin satu buah dipotong-potong untuk infused water, itu kandungan asamnya sudah banyak sekali,” jelas Mirah di acara Forum Dental Expert Pepsodent, di Jakarta Selatan, Selasa, 9 April 2019.

Dia mengatakan kalau minum infused water dengan buah asam yang terlalu banyak, itu tentu bisa membuat gigi menjadi lebih sensitif.

Untuk orang-orang yang suka minum infused water, Mirah menganjurkan untuk tetap minum air putih setelahnya. Tidak hanya itu, jangan menggunakan buah terlalu banyak, terutama yang asam.

“Dengan gaya hidup sekarang, orang banyak yang suka minuman sehat seperti infused water, tapi itu mempengaruhi gigi sensitif,” lanjutnya.

Hal yang paling penting adalah untuk tidak mengonsumsi infused water terlalu berlebihan.

Baca juga:10 Varian Infused Water yang Wajib Dicoba, Segar!