Selain Air Putih, 8 Minuman ini Bisa Bantu Atasi Dehidrasi

Ilustrasi wanita minuma air mineral atau air putih. shutterstock.com

kesehatan

Selain Air Putih, 8 Minuman ini Bisa Bantu Atasi Dehidrasi

Sabtu, 30 Maret 2019 13:32 WIB
Reporter : Silvy Riana Putri Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta – Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan sebagian besar air dan cairan melalui keringat, urin, tinja, dan pengaruh cuaca. Salah satu pemicu dehidrasi karena malas minum atau kurang asupan cairan dari batas yang disarankan yaitu delapan hingga 10 gelas air putih dalam sehari. 

Baca juga: Kenali Gejala Dehidrasi pada Bayi Baru Lahir

Gejala dehidrasi antara lain warna air seni kuning gelap, mudah mengantuk, mulut kering, intensitas berkemih menurun, mudah lelah, sakit kepala, kehausan, pusing, lemah otot, dan sembelit. Kondisi dehidrasi bisa mempengaruhi fungsi organ-organ vital, seperti ginjal, otak, hati, perut, hingga paru-paru.

Satu-satunya cara mengatasi dehidrasi adalah menambah cairan ke dalam tubuh. Pilihannya tidak hanya air putih, tetapi ada delapan variasi minuman seperti dikutip dari laman Boldsky berikut ini.

1. Air barleyAir barley atau jelai bisa terbuat dari isinya saja atau keseluruhan termasuk kulitnya. Kandungan air barley kaya akan vitamin dan antioksidan seperti folat, zat besi, mangan, hingga tembaga. Selain itu, memiliki sifat mendinginkan sehingga membantu mendinginkan dan atasi dehidrasi. Cara pembuatan air barley: tuang 3 hingga 4 cangkir air lalu tambahkan 1 cangkir barley. Rebus selama 40 hingga 50 menit. Kemudian saring dan dinginkan. Bisa tambahkan madu sebelum minum.

2. Teh herbalTeh herbal tanpa kandungan kafein seperti chamomile, rooibos, hisbiscus, dan mawar adalah pilihan yang baik untuk atasi dehidrasi. Teh herbal ini juga membantu atasi kelelahan dan menenangkan pikiran. Anda bisa meminum teh herbal tiga kali dalam sehari.

3. Jus lidah buayaTanaman lidah buaya banyak mengandung air, sehingga meminum jus lidah buaya mampu menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi. Jus lidah buaya juga termasuk minuman detoksifikasi karena mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh. Cara pembuatan jus lidah buaya: tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya di dalam 1 gelas air. Blender sampai halus dan minum.

4. OralitOral rehydration solution atau oralit juga bisa atasi dehidrasi sekaligus diare. Kehadiran kadar glukosa dalam oralit meningkatkan mineral dalam tubuh yang hilang karena dehidrasi. Cara pembuatan oralit: segelas air, tambahkan ½ sendok teh garam dan 6 sendok teh gula. Aduk rata dan minum.

5. Air lemonSelama musim panas, air lemon salah satu minuman yang paling berkhasiat mencegah kondisi dehidrasi. Air lemon mampu mengembalikan mineral yang hilang dalam tubuh, sehingga membantu tubuh terhidrasi dan mendinginkan. Cara pembuatan air lemon: segelas air, peras setengah lemon. Tambahkan madu untuk pemanis dan minum setiap hari.

6. Air kelapaAir kelapa salah satu pengobatan alami untuk atasi dehidrasi karena mengandung banyak natrium dan kalium. Anda bisa minum air kelapa sebanyak 4 hingga 5 kali dalam sehari.

7. Infused water dari buahMinum air yang mengandung potongan buah juga menjaga tubuh tetap terhidrasi sekaligus memasok nutrisi penting ke dalam tubuh. Tambahkan potongan buah yang Anda sukai ke dalam botol dan minumlah sepanjang hari.

8. Air biji chiaBiji chia saat dimasukkan ke dalam air akan bertambah 10 kali kandungan airnya dalam hitungan menit. Oleh karena itu, air biji chia termasuk rekomendasi minuman untuk atasi dehidrasi dan mampu mendinginkan tubuh di musim panas. Cara pembuatan air biji chia: tambahkan 2 sendok teh biji chia ke dalam segelas air. Biarkan selama 1 menit. Kocok dan minumlah setiap hari.