Bagi Tugas Rumah Tangga dengan 4 Cara Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi keluarga bahagia/harmonis. Suami mencium istri. Shutterstock.com

Ilustrasi keluarga bahagia/harmonis. Suami mencium istri. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Peran antara suami dan istri memang selalu berbeda di setiap rumah tangga. Karena itu, pembagian tugas di antara pasangan yang sudah menikah tentu juga beragam.

Pembagian tugas menunjukkan peran sehari-hari di rumah tangga antara suami dan istri. Siapa yang bertanggung jawab mengurus anak dan siapa yang mencari nafkah untuk keluarga sudah semakin beragam di rumah tangga.

Perusahaan Hakuhodo Indonesia melakukan riset untuk 13.000 orang di Indonesia dan juga negara ASEAN (Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara) lainnya. Riset dilakukan untuk mengenali berbagai cara membagi tugas rumah tangga antara suami dan istri.

Baca juga:
Kiat Perempuan Mengelola Keuangan Rumah Tangga

“Kita melihat kalau pendidikan di masyarakat itu awalnya dari rumah. Bagaimana perbedaan tugas yang terjadi di rumah-rumah di Indonesia dan ASEAN,” tutur Farhana E. Devi Attamini, Executive Director of Strategic Planning HAKUHODO.

Berikut adalah empat cara membagi tugas antara suami dan istri di Indonesia dan negara ASEAN lainnya.

Ilustrasi foto keluarga. shutterstock.com

#Tradisional
Pembagian tugas dengan cara tradisional adalah saat istri melakukan semua tugas rumah tangga dan suami fokus dengan mencari nafkah untuk keluarga. Istri di rumah tangga tradisional tidak mandiri secara finansial karena yang mencari nafkah hanya suami. Hasil riset menunjukkan kalau pembagian tugas tradisional seringkali lebih disukai oleh pihak suami.

#Membagi rata
“Bayangkan tipe rumah tangga di mana suami dan istri membagi rata semuanya,” tutur Devi.

Suami dan istri sudah menentukan tugas satu sama lain dan memastikan kalau tugas-tugas dibagi rata. Contohnya, suami dan istri sama-sama membersihkan rumah tapi istri hanya bersih-bersih di dalam rumah dan suami hanya bersih-bersih di luar rumah. Suami dan istri sama-sama mengurus anak dan sama-sama mencari nafkah untuk keluarga.

Artikel lain:
Bagi Tugas Rumah Tangga dengan Pasangan dan Rasakan Manfaatnya

#Fleksibel
Sebenarnya pembagian tugas fleksibel itu sama dengan cara membagi rata. Namun, kalau membagi rata tugas suami istri itu sudah menentukan pembagiannya, sedangkan dengan cara fleksibel suami dan istri semua harus bisa melakukan apa saja. Contohnya, suami bisa masak kalau istri pulang malam atau istri mencuci mobil kalau suami sibuk kerja.

#Kebalikan
Ada juga cara membagi tugas yang kebalikan dengan tipe rumah tangga tradisional. Wanita yang mencari nafkah keluarga dan suami yang tinggal di rumah dan mengurus rumah tangga. Pembagian tugasnya sama seperti cara tradisional hanya suami melakukan hal-hal yang dilakukan istri dan sama dengan tugas istri yang melakukan hal-hal yang secara tradisional lebih sering dilakukan laki-laki. Namun, masyarakat masih banyak yang belum menerima cara ini.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."