Manfaat Lain Belajar Renang Sejak Dini Selain Cegah Tenggelam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi anak berenang. Shutterstock

Ilustrasi anak berenang. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Orang tua kini tak perlu khawatir lagi untuk mengajak anak belajar renang di usia dini. Menurut Academic Pediatics Association dalam pedoman terbarunya, menyatakan bahwa anak di bawah usia empat tahun sudah mulai boleh diperkenalkan dengan olahraga renang

Baca juga: Waktu yang Tepat Mengajarkan Anak Renang

Belajar renang sebenarnya bukan hanya cara untuk menghindari anak dari risiko tenggelam. Namun banyak manfaat lain yang bisa diperoleh anak dan bayi dari belajar renang, salah satunya memupuk kepercayaan diri. “Ini tentang membangun kepercayaan diri dengan mengajarkan anak untuk merasa nyaman saat berada di dalam air,” ungkap Emily Leaman, co-founder dan COO di Fitness Alive Phily, pusat kebugaran yang membuka kelas berenang untuk bayi mulai dari usia lima bulan.

Emily Leaman melanjutkan, "Dari pengalaman kami, anak-anak belajar mekanisme berenang yang sesungguhnya dengan lebih cepat jika mereka telah merasa percaya diri awalnya. Anak yang percaya diri di air juga tidak mudah panik dalam situasi darurat,”.

Lantas pelajaran seperti apa yang dipelajari bayi satu hingga tiga tahun di kelas renang? Emily Leaman menjelaskan pada usia balita, anak-anak bisa belajar bagaimana membuat gelembung--dengan mendorong air keluar dari mulut--menendang dengan kuat, dan mengambang dengan punggung mereka. 

Selain itu, berada di kolam renang juga melatih kekuatan otot-otot anak. “Balita yang kuat juga bisa belajar mengeluarkan dirinya sendiri dari kolam renang,” tandas Emily Leaman.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."