Cara Mengetahui Jenis Kelamin Bayi Selain USG

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi ibu hamil berpikir. shutterstock.com

Ilustrasi ibu hamil berpikir. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jenis kelamin bayi di dalam kandungan dapat diketahui melalui ultrasonografi (USG). Biasanya untuk mengetahui jenis kelamin bayi USG dapat dilakukan saat usia kehamilan mencapai 20 minggu.

Baca juga: Dokter Ingatkan Bahaya Anemia selama Kehamilan

Selain USG, ada banyak cara untuk menentukan secara ilmiah jenis kelamin bayi Anda, seperti tes darah genetik dan amniosentesis. Tapi ada juga beberapa cara yang tradisional untuk memprediksi jenis kelamin bayi apakah itu laki-laki atau perempuan. Mengutip PopSugar berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin bayi.

#1. Detak jantung janin
Saat dokter mendengarkan detak jantung bayi tanyakan lebih spesifik. Misalnya jika detak jantung janin lebih dari 140 denyut per menit, dapat menandakan bayi perempuan, sedangkan jika kurang daro 140 denyut per menit menandakan bayi laki-lak.

#2. Morning Sickness
Beberapa orang mulai berasumsi jika Anda mengalami mual pada trimester pertama, Anda cenderung memiliki anak perempuan.

#3. Makanan manis dan asin
Mitosnya jika Anda mengingkan makanan manis seperti es krim, Anda memiliki bayi perempuan. Sedangkan jika memilih makanan gurih dan asin adalah tanda bahwa Anda mengandung bayi laki-laki.

#4. Bentuk perut
Jika perut Anda melebar ke samping dan agak tinggi bayinya perempuan. Sedangkan bentuk perut terlihat seperti bola bulat sempurna dan lebih rendah pasti anak laki-laki.

#5. Tes kunci
Meskipun sulit untuk secara akurat menguji ini pada diri Anda sendiri begitu mengetahui hasilnya, idenya adalah Anda meletakkan kunci di depan Anda, dan jika Anda mengambilnya di bagian atasnya - bagian yang lebar dan bulat - Anda akan memiliki bayi perempuan. Jika Anda secara alami mengambilnya di bagian ujung yang sempit tandanya bayi laki-laki.

#6. Warna urin
Ada yang bilang warna kencing Anda bisa menjadi indikator jenis kelamin bayi.  Urin berwarna kuning terang menandakan anak laki-laki dan urin kuning kusam menandakan anak perempuan, bagi seorang gadis.

#7. Jerawat
Jika Anda mengalami jerawat selama hamil, Anda akan memiliki anak perempuan. Menurut legenda, anak perempuan mencuri kecantikan ibu mereka.

#8. Cincin 
Ikat cincin kawin dengan tali, gantung di atas perut, dan lihat apa yang terjadi. Jika berputar dalam lingkaran, Anda memiliki anak laki-laki, tapi jika berputar-putar, artinya anak perempuan.

#9. Persamaan konsepsi
Berdasarkan tabel gender China kuno, yang diciptakan lebih dari 700 tahun lalu, sesederhana seperti matematika dasar. Jika usia Anda pada saat pembuahan dan jumlah bulan di mana Anda hamil adalah genap, tandanya anak laki-laki. Jika itu ganil makan anak perempuan.

#10.  Bagaimana Anda bangun
Mitos membuktikan bahwa jika Anda sepertinya selalu terbangun menghadap kiri menandakan anak perempuan, dan jika Anda sering tidur menghadap kanan menandakan anak laki-laki.

#11. Telapak tangan
Anda tidak perlu mencari peramal. Tapi lihatlah apakah telapak tenang sering kering dan retak, itu berarti Anda mengandung anak laki-laki. Jika telapak tangan Anda lembut dan kenyal, Anda mungkin akan memiliki anak perempuan.

#12. Ukuran payudara
Tidak ada dua payudara yang diciptakan sama, tentu saja tidak dengan semua perubahan hormonal yang datang selama kehamilan. Hal ini dapat menentukan jenis kelamin bayi melalui ukuran payudara! Jika payudara kiri Anda terasa lebih besar, menandakan anak laki-laki. Jika kanan lebih besar, Anda akan memiliki anak perempuan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."