Tips Aman Memakai, Mencoba, dan Membeli Produk Makeup

Reporter: Silvy Riana Putri
Editor: Yunia Pratiwi
Senin, 11 Maret 2019 15:15 WIB
Tips Aman Memakai, Mencoba, dan Membeli Produk Makeup

CANTIKA.COM, Jakarta – Makeup salah satu cara untuk menambah pancaran kecantikan Anda. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memakai, mencoba dan membeli produk makeup di toko kosmetik. Tentu Anda tidak ingin makeup yang awalnya berfungsi sebagai alat rias yang mendukung kecantikan paras Anda menjadi pemicu timbulnya masalah kesehatan.

Baca juga: Masih Suka Pakai Makeup Pas Olahraga? Waspadai Dampak Buruknya

Melansir dari laman Medical Daily, berikut ini sejumlah tips yang berkaitan dengan dunia makeup. Hal pertama adalah hindari merias wajah saat mengemudi. Kegiatan ini bisa meningkatkan risiko kecelakaan. Contohnya saja, saat makeup area mata bisa melukai mata secara serius, jika Anda tidak melihat kondisi jalan ataupun terjadi benturan dengan cepat.

Selain godaan makeup saat berkendara, kita juga kerap sulit menolak ketika teman meminjam makeup karena alasan lupa bawa ataupun habis produk milikinya. Sebenarnya meminjamkan makeup kepada orang lain bukan ide yang bagus untuk kesehatan. Sebab produk makeup yang bersentuhan langsung dengan mata, bibir, dan lainnya dapat dengan mudah menyebarkan kuman. Misalnya saat Anda berbagi eyeliner bisa mengalami infeksi, seperti mata merah. Sedangkan risiko berbagi lipstik berpeluang terkena penyakit herpes.

Risiko ini juga bisa muncul saat Anda mencoba tester produk makeup di berbagai toko kosmetik. Disarankan Anda untuk mencoba produk pada tangan, jangan langsung pakai di wajah. "Jangan pernah percaya bahwa alat dan tester makeup di toko telah dibersihkan," ungkap Susie Sobol makeup artist profesional asal New York, Amerika Serikat kepada laman Allure.

Dia pun menekankan untuk berhati-hati saat mencoba produk lipstik, lipgloss, dan maskara karena bakteri berkembang dalam kondisi lembab. "Produk bubuk, seperti blush on dan eyeshadow sedikit lebih aman untuk dicoba, namun tetap berhati-hati,” tambahnya. "Selalu bersihkan permukaan produk dengan tisu dan gunakan brush yang bersih."

Kebiasaan menghapus makeup sebelum tidur juga sangat penting untuk kesehatan wajah. Tidur dengan wajah tertutup foundation dan produk lainnya dapat merusak kulit, menambah sel-sel kulit mati, memungkinkan bakteri menumpuk, hingga meningkatkan risiko penuaan dini dan berjerawat.

Tidur dengan riasan mata lebih berisiko. Dalam satu kasus ekstrem, seorang wanita menderita jaringan parut dan iritasi permanen karena kebiasaan tidur jangka panjang tanpa membersihkan maskara. "Tidur dengan masih menggunakan makeup mata secara berulang kali dapat menyebabkan penyumbatan pada folikel rambut dan kelenjar minyak kecil di kelopak mata. Ketika area ini menjadi tersumbat, bakteri dapat menumpuk dan menyebabkan peradangan," dokter Eric Schweiger, pendiri Clear Clinic di New York, Amerika Serikat saat diwawancarai oleh The Huffington Post.

Jeli saat berbelanja makeup turut berperan besar menjaga kesehatan wajah, hindari pemakaian makeup palsu dan produk tiruan lainnya. Di Amerika Serikat masih ditemui kandungan bahan kimia berbahaya pada makeup, seperti arsenik, merkuri, dan aluminium. Di dalam produk eyeshadow dan lipstik ditemukan kandungan timbal 15 kali lebih banyak dari jumlah yang direkomendasikan oleh Food and Drug Administration (FDA), badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat.

Sebaiknya belanjakan uang Anda untuk produk-produk makeup yang asli. Pastikan, Anda membaca kandungan, mengecek tanggal kadaluarsa, tips pemakaian, serta cara penyimpanan dan suhu yang dianjurkan untuk setiap jenis produk makeup.