Pakar Ungkap Bahaya Remaja Menggunakan Makeup

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi mengguakan eyeliner. Unsplash/Matt Seymour

Ilustrasi mengguakan eyeliner. Unsplash/Matt Seymour

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Anak-anak zaman sekarang memang lebih cepat dewasa. Di usia remaja, sudah banyak gadis yang merias wajah agar penampilan lebih menarik. Mereka bahkan tak percaya diri keluar rumah bila tidak bermakeup.

Sayangnya, makeup bisa memberi dampak buruk pada kulit remaja, bahkan bisa mempengaruhi kesehatan yang lebih luas. Begitu penjelasan Dr. Manny Alvarez di Foxnews.

Makeup bisa menyebabkan jerawat. Sebanyak 45 persen wanita di Brasil yang senang bermakeup memiliki masalah kulit, 14 persen di antaranya bermasalah dengan jerawat. Pasalnya, banyak remaja yang merias wajahnya lebih tebal dari orang dewasa sehingga peluang untuk mengalami kerusakan kulit pun semakin besar.

Artikel lain:

Full Makeup Vs Effortless Beauty, Kuncinya Ada di Sini

Lebih buruk lagi, untuk menjaga citra dan tampil lebih sempurna, mereka justru menutupi jerawat dengan riasan yang lebih tebal. Alhasil, masalah jerawat pun semakin parah.

Dalam sebuah survei yang dibuat sebuah penjual makeup daring, banyak remaja yang sudah merias wajah sejak berumur 11 tahun atau semakin muda dibanding usia rata-rata pengguna makeup pada era 1990-an. Para pakar kesehatan pun sangat memprihatinkan kondisi ini.

Ilustrasi remaja dandan. pinimg.com

Kebanyakan produk makeup yang beredar mengandung zat kimia berbahaya. Para peneliti menyebutkan berbagai macam zat tersebut berkaitan dengan banyak masalah kesehatan karena pengaruh hormon, bahkan bisa menyebabkan kanker dan ketidaksuburan.

Untungnya, pengaruh buruk makeup pada remaja bisa disembuhkan. Peran orang tua untuk membatasai penggunaan makeup oleh anak-anak yang masih di bawah umur juga sangat dibutuhkan.

Bila ingin menggunakan makeup, pilihlah yang berbahan dasar air dan sapukan secara tipis. Hindari produk dengan zat berbahaya seperti paraben dan phthalates. Sebaiknya, pelajari dulu produk sebelum digunakan di kulit.

Para remaja juga harus rajin merawat kulit dan pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit berminyak, pilihlah produk yang bebahan dasar air dengan hanya sedikit pelembab. Untuk kulit kering, pilih produk yang lebih banyak mengandung pelembab.

Baca juga:
8 Langkah Mencoba Makeup Glow Favorit Wanita di 2019

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."