Trik Makeup untuk Mata Monolid, dari yang Simpel sampai Glamor

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi makeup monolid. Unsplash.com/Sunny Ng

Ilustrasi makeup monolid. Unsplash.com/Sunny Ng

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mata tanpa lipatan atau monolid dapat membuat wajah terlihat sayu. Namun dengan trik makeup dapat membuat mata monolid terlihat lebih besar dan eskspresif. 

Baca juga: Rangkaian Makeup Powerstay untuk Wanita Aktif dan Dinamis

Berikut ini beberapa trik makeup untuk pemilk mata monolid, dari yang sederhana sampai glamor. 

#1. Proporsional 
Agar mata terlihat proporsional untuk penampilan sehari-hari, eyeshadow berwarna netral seperti warna peach, cokelat muda, dan cokelat tua membantu mewujudkannya. Caranya, sapukan eyeshadow berwarna peach, cokelat muda, dan cokelat tua di atas mata, dari bagian pangkal hingga ujung. Warna cokelat tua pada bagian ujung kelopak mata memberi dimensi mata yang lebih besar.

Jangan lupa menyapukan eyeshadow dengan gradasi warna yang sama di bagian bawah mata. Anda juga bisa menggunakan eyeliner dan maskara hitam untuk melengkapi keindahan mata Anda. 

#2. Natural
Seorang vlogger kecantikan sekaligus perias wajah asal Australia, Dasha Kim, berbagi cara kilat untuk membuat mata monolid terlihat lebih besar dan natural hanya dengan mengandalkan dua produk rias: eyeliner berwarna hitam dan eyeshadow berwarna beige.

"Pertama, bubuhkan eyeshadow berwarna beige pada kelopak mata Anda untuk membuat contouring mata. Anda bisa menambahkan warna beige yang lebih gelap pada bagian ujung mata agar konturnya lebih terlihat. Selanjutnya buatlah garis mata dengan eyeliner. Buat garis tebal agar terlihat ketika mata terbuka," ungkap Dasha. 

#3. Tegas 

Makeup mata smokey menjadi favorit, karena berkesan tegas dan menjadi penyelamat untuk acara spesial. Kabar baiknya, riasan mata smokey cocok pula untuk pemilik mata monolid. Siapkan eyeshadow hitam dan ungu tua, highlighter, eyeliner hitam, bulu mata palsu, serta maskara.

Pertama, beri bagian bawah kelopak mata eyeshadow hitam kemudian baurkan dengan kuas. Kedua, timpa eyeshadow hitam dengan warna ungu hingga ke seluruh kelopak mata. Ketiga, bubuhkan highlighter pada pangkal mata sementara bagian bawah mata poles dengan eyeshadow ungu dan eyeliner hitam. Terakhir, tempelkan bulu mata palsu kemudian gunakan maskara dan voilà, riasan mata smokey Anda telah sempurna.

#4. Glamor 
Glitter berperan memberi kesan glamor pada pemakainya. Jika Anda memiliki jadwal kencan atau hang out akhir pekan, aplikasikan duet glitter dan eyeshadow untuk menyempurnakan penampilan Anda. Sapukan eyeshadow oranye ke seluruh kelopak mata dan bagian bawah mata. Pada ujung kelopak mata, baurkan sedikit warna cokelat tua untuk kesan mata lebih lebar. Agar riasan terlihat lebih glowing, bubuhkan glitter pada bagian atas kelopak mata dan bawah mata. Tambahkah eyeliner hitam dan jangan lupa gunakan maskara hitam untuk mempertegas bentuk mata Anda.

#5. Ceria
Eyeliner warna-warni, termasuk warna mencolok, bisa digunakan untuk membingkai mata untuk kesan ceria. Salah satunya warna merah maroon. Pertama, bubuhkan eyeshadow cokelat muda dari pangkal hingga tengah kelopak mata, sementara ujungnya pulas dengan warna merah muda. Bubuhkan bubuk shimmer pada tengah kelopak agar mata terlihat lebih segar.

Selanjutnya, buat garis mata dengan eyeliner merah, jangan lupa untuk menambahkan sedikit sayap pada bagian ujung mata. Sikat bulu mata dengan maskara hitam dan riasan mata Anda telah selesai. Dengan melalui langkah-langkah yang sama, Anda bisa memainkan warna eyeliner lain dengan warna eyeshadow yang sesuai.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."