Ingin Rayakan Ulang Tahun Anak Introvert, Awas Salah Pesta

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi tiup lilin ulang tahun. mentalfloss.com

Ilustrasi tiup lilin ulang tahun. mentalfloss.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang tua membuat pesta semeriah mungkin untuk merayakan hari jadi anak setiap tahun, mulai dari pesta bertema tokoh kartun kesayangan, kue, dan goodie bag mewah, hingga mengundang artis idola sang anak sebagai bintang tamu kini menjadi hal lumrah.

Merayakan pesta ulang tahun sama sekali bukan hal yang buruk. Pesta ulang tahun pastinya memberi kebahagiaan tidak hanya untuk anak yang berulang tahun, namun juga kepada para tamu undangan, baik orang tua dan anak-anak. Pesta ulang tahun juga bisa menjadi wujud rasa syukur atas anak yang tumbuh dengan sehat dan sesuai harapan. Bisa pula menjadi bentuk syukur atas rezeki yang ingin Anda nikmati bersama orang lain.

Baca juga:
Mengenal Kepribadian INFP, Introvert yang Tak Biasa
3 Zodiak yang Pas Berpasangan dengan Wanita Introvert

Di sisi lain, merayakan ulang tahun rupanya tidak melulu bisa memberikan kebahagiaan untuk anak. Pada anak-anak yang bersifat introvert, pesta ulang tahun tak ubahnya seperti tekanan besar pada dirinya sebab di acara itu ia pasti akan menjadi pusat perhatian dari tamu undangan dan tidak semua anak menyukai hal itu. Anak-anak introvert umumnya tidak nyaman, bahkan merasa cemas, ketika semua orang menyoroti dirinya.

Menurut dr. Debra Kissen, psikolog klinis di Light on Anxiety Treatment Center di Chicago, Amerika Serikat, memaksakan anak untuk merasa bahagia dengan membuat pesta ulang tahun bisa menjadi tekanan yang justru akan memicu perasaan kecewa pada anak.

“Kapan pun Anda dipaksa untuk bahagia bisa memicu perasaan kecewa, dan pesta ulang tahun bisa menjadi pemicu rasa cemas karena ada tekanan untuk menciptakan ulang tahun yang berkesan di tengah dunia pergaulan orang tua yang kompetitif,” urai Kissen.

Jadi, jika tahu anak bukan tipe yang suka dan nyaman berada di keramaian dan menjadi pusat perhatian, maka berpikirlah ulang untuk merayakan pesta ulang tahun besar-besaran sebab merayakan ulang tahun secara intim dan hanya dihadiri oleh orang-orang terdekat justru akan memberikan kebahagiaan tak ternilai untuk anak.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."