Mengenal Kepribadian INFP, Introvert yang Tak Biasa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi gadis introvert. Shutterstock

Ilustrasi gadis introvert. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mereka yang memiliki kepribadian INFP tentu tidak asing lagi dengan karakteristik kepribadian ini. INFP merupakan salah satu dari 16 tipe kepribadian berdasarkan tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) dan populasinya cukup langka, hanya sekitar 4-5 persen di dunia.

INFP adalah singkatan dari I (Introvert), N (Intuitive), F (Feeling), dan P (Perceiving). Seperti yang kita tahu, seorang INFP selalu dikenal sebagai seorang mediator atau idealis. Selain itu, empat fakta menarik ini juga sering dikaitkan dengan tipe kepribadian INFP.

Baca juga:

Membaca Kepribadian Seseorang dari Bentuk Perut

#Perasaan sensitif
Mereka yang bertipe kepribadian INFP ternyata memiliki perasaan cukup sensitif. Hal itu yang membuat mereka mudah peduli dan berempati kepada perasaan orang lain. Saat memutuskan sesuatu, mereka juga cenderung mengandalkan perasaan pribadi.

#Kurang bisa memahami diri sendiri
Seorang INFP terkadang ingin mendapatkan perhatian, namun di sisi lain mereka juga ingin menghindarinya. Tak hanya itu, mereka juga bisa merasakan pesimis dan optimis dalam waktu bersamaan. Sikap mereka sering diartikan kekanak-kanakan, tapi ada juga yang menilai mereka bijak.

Artikel lain:

Pilihan Model dan Warna Pakaian Dalam Versi Zodiak

#Introvert yang tak sepenuhnya
Mereka yang INFP memang dikenal sebagai seorang introvert. Namun, sikap introvert mereka tidak dapat sepenuhnya dibilang introvert. Pasalnya, seorang INFP juga dikenal sebagai orang yang manja, suka bercanda dan menghibur orang lain. Hal itu yang membuat mereka tidak mengalami kesulitan sekalipun berada di lingkungan baru. Seorang INFP juga lebih suka berkomunikasi lewat tulisan dibanding lisan.

#Mudah lelah saat bersosialisasi
Seorang INFP bukan merupakan orang yang pemalu atau anti bersosialisasi. Mereka adalah tipikal orang yang membutuhkan waktu sendiri setelah bersosialisasi dengan banyak orang dan mengembalikan energinya yang sempat habis.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."