Langkah Penting untuk Menghindari Nyamuk Demam Berdarah

Kampanye #BebasMainTanpaNyamuk My Baby di The Maj, Jakarta Pusat, Selasa 19 Februari 2019 (Tempo/Astari Pinasthika Sarosa)

zodiak

Langkah Penting untuk Menghindari Nyamuk Demam Berdarah

Rabu, 20 Februari 2019 11:03 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Nyamuk demam berdarah bisa menyebarkan penyakit yang mematikan, terutama di musim hujan. Menurut data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dari 1 Januari sampai 3 Februari 2019 jumlah penderita demam berdarah di Indonesia sudah mencapai 16.692, dan 169 orang di antaranya meninggal dunia.

Baca juga: Kenali 3 Jenis Nyamuk di Indonesia dan Cara Menghindarinya

Ada beberapa langkah penting yang bisa dilakukan untuk menghindari nyamuk demam berdarah, terutama di rumah. Kepala Unit Kajian Pengendalian Hama Pemukiman (UKPHP) Institut Pertanian Bogor, Prof. Drh. Upik Kesumawati Hadi, menjelaskan cara menghindari nyamuk demam berdarah aedes aegypti berkembang biak di dalam rumah.

“Perlu diingat kalau nyamuk ini bisa bertelur di tempat kering yang lembab. Seringkali mencari bak mandi, di dispenser, dan di tempat-tempat yang ada genangan air juga. Dengan setetes air bahkan sudah bisa bertelur,” jelas Profesor Upik, dalam Kampanye #BebasMainTanpaNyamuk My Baby. di Jakarta Pusat, Selasa 19 Februari 2019.

Kampanye #BebasMainTanpaNyamuk My Baby bersama Yolanda (GM Brand Portfolio Strategy and Innovation), Shireen Sungkar (Seleb), Prof. Drh. Upik Kesumawati (Kepal UKPHP) di The Maj, Jakarta Pusat, Selasa 19 Februari 2019. TEMPO/Astari Pinasthika Sarosa

Nyamuk aedes aegypti juga bisa menyebarkan telur mereka di beberapa tempat, karena itu harus membersihkan semua genangan air yang ada di rumah seminggu sekali. Namun, bukan hanya di genangan air yang perlu diperhatikan. Nyamuk aedes aegypti juga memerlukan tempat beristirahat sebelum mengisap darah lagi. “Biasanya dia akan mencari tempat seperti gantungan baju dan juga tempat-tempat yang gelap,” lanjut Profesor Upik.

Biasanya akan beristirahat selama 4-8 hari sebelum menggigit lagi. Gigitan kedua tersebut seringkali menyebarkan penyakit demam berdarah. Jadi, membersihkan gantungan baju setiap minggu juga menjadi suatu hal yang sangat penting untuk menghindari nyamuk aedes aegypti.  Bila sudah melihat telur di dinding, karena telur nyamuk ini bisa menempel di dinding yang lembab, telur tersebut harus disikat. Perlu diingat juga kalau rumah di sekitar Anda juga harus bersih agar nyamuk aedes aegypti tidak berkembang biak di dekat rumah.