4 Gerakan Yoga untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi yoga. Oregonstate.edu

kesehatan

4 Gerakan Yoga untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Senin, 18 Februari 2019 15:00 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Yoga memiliki beragam manfaat untuk tubuh, mulai dari menjaga kesehatan, relaksasi dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Terlebih di musim hujan, tubuh mudah terserang flu, batuk, dan penyakit lainnya. 

Baca juga: Sudah Capek Berenang, Coba Gerakan Yoga di Air Berikut

Ada beberapa pose yoga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya standing bend with a twist. Gerakan ini dipercaya memperlancar sirkulasi sistem limfatik (kelenjar getah bening) yang berfungsi menyaring bakteri dan racun dalam tubuh.

Menjaga Imun Tubuh dengan Gerakan Yoga: Standing Bend with A Twist

Cara melakukannya, berdiri dengan kaki terbuka. Dorong jari-jari kaki sedikit ke dalam dan tumit ke arah luar. Tempatkan telapak tangan kiri di bagian tengah depan kaki yang terbuka. Angkat tangan kanan lurus ke atas dan posisi kepala menghadap ke arah kanan atas. Tahan posisi ini selama 5-10 tarikan napas dan lakukan pada arah sebaliknya. 

Menjaga Imun Tubuh dengan Gerakan Yoga: Chair Pose

Gerakan lainnya adalah chair pose. Gerakan yoga ini untuk menjaga kesehatan sistem saraf, membuka otot dada sehingga memperbaiki sistem pernapasan. Cara melakukannya, berdiri tegak dan tekuk kedua lutut hingga paha hampir sejajar dengan lantai. Rentangkan kedua tangan ke atas. Tahan posisi ini selama 5-10 tarikan napas.

Anda juga bisa mencoba gerakan plow pose saat mengalami kelelahan dan stres. Gerakan ini juga merangsang organ perut dan kelenjar tiroid sekaligus membantu mengatasi sakit punggung dan kepala. Mulai dengan tidur telentang dan kedua lengan berada di sisi tubuh. Ketika menarik napas, gunakan otot perut untuk mengangkat kedua kaki hingga sudut 90 derajat.

Menjaga Imun Tubuh dengan Gerakan Yoga: Plow Pose

Setelahnya, dorong kedua kaki hingga jari-jari kaki menyentuh lantai di atas kepala. Posisi punggung tegak lurus dengan lantai. Tahan posisi ini selama 5-10 detik dan usahakan untuk tetap bernapas dengan normal. Buang napas dan kembalikan kaki pada posisi semula. 

Menjaga Imun Tubuh dengan Gerakan Yoga: Fish Pose

Jika duduk di depan layar komputer sambil membungkuk atau mencondongkan badan ke depan membuat napas menjadi pendek. Untuk mengatasinya, praktikkan yoga fish pose. Siapkan 2 yoga block yang akan menumpu bagian belakang kepala dan di bawah tengah tulang belikat. Lalu, tidur telentang di atas yoga block, biarkan kedua kaki dan tangan sedikit terbuka. Tahan posisi ini selama 5-10 tarikan napas. 

AURA