Sudah Capek Berenang, Coba Gerakan Yoga di Air Berikut

Ilustrasi wanita melakukan senam yoga. shutterstock.com

kesehatan

Sudah Capek Berenang, Coba Gerakan Yoga di Air Berikut

Senin, 12 November 2018 18:00 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Yoga bisa dilakukan di kolam renang. Selain dapat melatih kelenturan, yoga di dalam air bisa melatih kekuatan dan keseimbangan tubuh.

Baca: Diet, Lakukan 6 Gerakan Yoga yang Efektif Bakar Kalori

Pakai baju renang dan siapkan juga kacamata renang karena ada gerakan yoga dilakukan di dalam air. Berikut ini gerakan-gerakannya.

# Half Moon PoseJaga otot lutut tetap kuat dengan gerakan half moon pose. Berdiri di dekat sisi kolam. Luruskan tangan kanan untuk menyentuh dinding kolam. Posisikan telapak tangan kiri di pinggang. Angkat kaki kiri ke belakang dan condongkan tubuh ke depan.

Pastikan kedua kaki lurus dan kaki kiri sejajar dengan lantai kolam. Kemudian, angkat tangan kiri hingga lurus ke atas. Tahan posisi ini selama 5 tarikan napas. Setelahnya, ganti posisi kaki dan tangan.

# Dynamic ChairGerakan ini melatih mobilitas pergelangan kaki dan otot trisep. Caranya, mulailah dari posisi berdiri dan rentangkan tangan ke atas. Sambil membuang napas, ayunkan lengan ke bawah dan tekuk kedua lutut hingga posisi squat.

Kedua tangan berada di sisi tubuh. Ketika menarik napas, angkat lengan ke depan lalu ke atas sambil kembali pada posisi berdiri. Jika kurang nyaman dengan posisi kepala yang masuk ke dalam air sepenuhnya, lakukan gerakan ini di kolam yang dangkal. Ulangi gerakan sampai 5 kali.

# Crescent WarriorMeregangkan otot pinggul sambil melatih kekuatan otot paha dan bokong dengan crescent warrior. Awali dari posisi berdiri dengan merentangkan tangan ke atas. Langkahkan kaki kanan ke belakang. Tekuk lutut kiri dan dorong tubuh ke bawah, posisi kaki kanan lurus.

Angkat kepala dan arahkan pandangan ke atas. Luruskan kedua telapak tangan di atas kepala hingga kedua telapak tangan saling menyentuh. Tahan posisi ini selama 5 tarikan napas dan ganti kaki.

Selanjutnya: Big Toe Pose, Dancer's Pose, dan Floating Pose