Dokter Larang Anak Makan sambil Bermain, Ini Alasannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi anak makan sambil bermain gadget. Kuali.com

Ilustrasi anak makan sambil bermain gadget. Kuali.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kegiatan makan anak biasanya sering dibarengi dengan kegiatan lain, misalnya bermain gawai atau bermain di taman hiburan. Sebagian orang tua beralasan kebiasaan ini agar anak menurut untuk makan.

Namun, dokter spesialis gizi klinik menguraikan dampak negatif dari kebiasaan makan sambil bermain. Dokter Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK mengungkapkan kegiatan makan tak boleh terdistraksi sama sekali. Artinya, anak harus fokus pada kegiatan makan semata.

Artikel lain:
Waktu yang Tepat Makan Makanan Instant

"Karena ketika anak fokus pada kegiatan main gadget atau main di taman bermain, kegiatan makan hanya akan dianggap anak sebagai gangguan," papar Diana.

Idealnya, anak harus duduk di meja makan dan fokus pada makanan yang disantap. Beri pengertian kepada anak jika mereka terbiasa bermain gawai kala makan. Orang tua bisa memberi contoh dengan tidak menggunakan gawai waktu berada di meja makan.

"Orang tua harus menarik gadget tersebut. Ada yang namanya withdrawal symptoms (perasaan tidak senang ketika berhenti melakukan sesuatu yang jadi kebiasaan), anak pasti mengamuk. Ingat beri anak pengertian bukan memberi distraksi lain," ujar Diana.

Baca juga:
Jangan Makan Terburu-buru, Awas 3 Penyakit Berikut

Lantas, bagaimana cara memberi makan saat anak sedang berada di tempat bermain? Anjuran Diana, anak tetap harus fokus pada kegiatan makan.

"Misalnya, saat berada di mal, sebisanya anak duduk. Tapi di depan anak, jangan ada mainan nanti fokus anak ke situ karena kita ingin membuat anak sadar akan proses makan, bukan asal kenyang saja," papar Diana.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."