Waktu yang Tepat Makan Makanan Instant

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi perempuan sedang pilah pilih makanan. shutterstock.com

Ilustrasi perempuan sedang pilah pilih makanan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMakanan instant adalah makanan-makanan yang dibuat untuk keadaan darurat. Orang tua sebaiknya hanya memberikan anak-anak makanan instan pada saat mereka memang benar-benar tidak memiliki waktu lagi untuk memasak.

Baca juga: 3 Cara Cepat Atasi Alergi Makanan Laut tanpa Obat

Pakar Nutrisi Saptawati Bardosono mengatakan, makanan instan bukan sesuatu yang baik untuk dikonsumsi setiap hari, terutama oleh anak-anak. “Makanan instan itu makanan darurat. Kalau ibu memang punya waktu, lebih baik masak. Ibu yang biasa memberikan anak makanan instan membuat anak jadi kesulitan makan sayur,” ujar Saptawati, di Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, kebiasaan makan makanan instan bisa bahaya untuk kesehatan bila dilakukan setiap hari. Selain iti, makanan instan juga mengurangi niat makan untuk makanan-makanan yang lebih segar dan memiliki lebih banyak gizi.

Dokter Saptawati menyadari makan makanan instan memang seringkali membuat seseorang merasa ketagihan.Namun banyak juga yang merasa bersalah atau bahkan tubuhnya merasa tidak enak setelah makan sesuatu yang instan, apalagi bila melakukannya setiap hari.

“Jangan dijadikan rutin, seperti orang-orang yang setiap pagi sarapan mi instan, itu enggak boleh. Jangan jadi rutin, makanan instan itu kalau memang darurat banget,” lanjut Dokter Saptawati. Lebih baik masak sendiri makanan yang ingin dimakan. Bila tidak memiliki waktu, bisa masak makanan yang mudah disimpan di kulkas.  

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."