Sumber Probiotik Bukan Cuma Yogurt tapi Juga 4 Makanan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi cuka apel. shutterstock.com

Ilustrasi cuka apel. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain yogurt, ada beberapa bahan makanan yang merupakan probiotik alami yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik terbukti ampuh untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Selain melancarkan pencernaan, probiotik juga bisa menambah energi, menjaga keskehatan kulit, serta memperkuat daya tahan tubuh.

Salah satu sumber probiotik yang paling terkenal adalah yogurt. Walau paling populer, ternyata yogurt bukan satu-satunya sumber probiotik. Apalagi buat yang mengalami intoleransi laktosa atau alergi protein susu. Sumber probiotik lain bisa jadi alternatif.

Artikel lain:
Konsumsi Probiotik Salah Satu Cara Cegah Kanker Usus Besar
Nutrisi Penting untuk Kesehatan Kulit Omega 3 sampai Probiotik

#Cuka apel
Hasil fermentasi apel kaya akan probiotik dan bisa membantu memelihara kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan benar. Jangan meminum cuka apel secara langsung karena sangat asam. Konsumsilah cuka apel dengan mencampurkannya pada minuman atau makanan lain. Misalnya dengan mengolah cuka apel sebagai bahan dressing salad yang dicampur minyak zaitun.

#Tempe
Lauk berbahan kedelai khas Indonesia ini ternyata juga mengandung probiotik. Selain itu, tempe juga kaya protein. Setiap potong tempe bisa mengandung hingga 20 gram protein.

#Kimchi
Makanan khas Korea Selatan ini terbuat dari sawi, kol, atau lobak yang difermentasi oleh bakteri asam laktat. Oleh sebab itu, kimchi juga kaya probiotik. Rasanya yang asam dan pedas cocok dikonsumsi sebagai pendamping nasi dan lauk.

#Acar
Acar yang biasanya jadi pendamping nasi goreng, mie goreng, atau isian burger ini juga merupakan sumber probiotik selain yogurt. Walau sehat karena mengandung probiotik, acar biasanya memiliki kandungan garam yang tinggi. Jadi, tetap batasi konsumsi acar.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."