Jangan Makan Kekenyangan, Ini 3 Bahayanya

ilustrasi makanan cepat saji (pixabay.com)

kesehatan

Jangan Makan Kekenyangan, Ini 3 Bahayanya

Rabu, 13 Februari 2019 20:06 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat menyantap makanan favorit, tentunya akan lebih mudah khilaf dan menghabiskan lebih banyak jumlah makanan sehingga cepat merasa kenyang. Padahal, ada bahaya yang mengintai jika terlalu sering kekenyangan.

Makan berlebihan memang tak baik, apalagi bila yang dimakan adalah makanan tak sehat dan kurang bergizi. Jadi, agar terhindar dari segala macam penyakit karena sering makan berlebihan, lebih baik cari tahu dulu mengenai bahaya yang bisa timbul saat sering makan berlebihan.

Baca juga:2 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Makanan SehatWajib Tahu Tips Menempatkan Makanan di Setiap Rak Kulkas

1. Berat badan naik tak terkendaliSaat terlalu banyak makan dan terlalu kenyang tentunya bisa berdampak pada berat badan. Apalagi jika terlalu sering merasa kenyang dan malas untuk berolahraga, tentunya hal itu bisa membuat tubuh semakin membesar tak terkendali. Saat kekenyangan pun kita bisa menjadi lebih malas dan mengantuk sehingga biasanya juga mudah tertidur.

2. Penyakit berbahaya menyerang tubuhJika berat badan sudah bertambah tak terkendali tentunya kita pun lebih mudah obesitas. Orang yang obesitas juga lebih mudah terkena berbagai macam penyakit yang mematikan, mulai dari penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, hingga stroke.

3. Kesehatan mental juga tergangguSelain bisa membahayakan tubuh, rupanya makan yang berlebihan juga memiliki hubungan dengan gangguan mental. Hal itu pun berawal dari tubuh yang semakin besar dan berat badan yang bertambah sehinga membuat kurang percaya diri. Saat kurang percaya diri juga bisa membuat kita merasa khawatir, tak bisa tidur, hingga depresi.

TEEN